View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

STRATEGI GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENCEGAH TINDAKAN BULLYING SISWA DI SMP NEGERI 22 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_Galih Ardiani_PAI_2024.pdf (319.2Kb)
Date
2024
Author
ARDIANI, GALIH
Metadata
Show full item record
Abstract
Galih Ardiani. 2024. Strategi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mencegah Tindakan Bullying Siswa di SMP Negeri 22 Samarinda. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Dibimbing oleh Dr. Fathul Jannah, M.S.I. sebagai Pembimbing I dan Anggie Nadia Dinihari, M.Pd. sebagai Pembimbing II. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya tindakan bullying di lingkungan sekolah, termasuk di SMP Negeri 22 Samarinda, yang berdampak negatif pada kepercayaan diri siswa hingga menimbulkan perkelahian. Walaupun guru Pendidikan Agama Islam telah memberikan pengarahan dan pembinaan, tindakan bullying masih terjadi. Oleh karena itu, diperlukan strategi yang efektif dari guru Pendidikan Agama Islam untuk mencegah perilaku bullying dengan menanamkan nilai moral dan spiritual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data primer adalah guru Pendidikan Agama Islam dan siswa SMP Negeri 22 Samarinda, sedangkan data sekunder berasal dari kepala sekolah dan dokumen profil sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data diuji dengan triangulasi sumber dan teknik, sedangkan analisis data dilakukan melalui tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi guru PAI dalam mencegah tindakan bullying meliputi: membangun motivasi dan kepercayaan diri siswa, mengembangkan pendidikan karakter berbasis nilai religius dan sosial, meningkatkan kesadaran tentang bullying melalui nasehat dan sosialisasi, menyediakan forum pengaduan melalui media sosial, membantu pembuatan peraturan sekolah anti-bullying, mendampingi siswa dalam membuat poster anti-bullying, serta memberikan sanksi berupa teguran dan hukuman kepada pelaku bullying. Kata Kunci: Strategi Guru, Pendidikan Agama Islam, Bullying, Siswa.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4714
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [867]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV