Show simple item record

dc.contributor.authorYULIANTI, SITI FARIHAH
dc.date.accessioned2025-05-14T02:20:32Z
dc.date.available2025-05-14T02:20:32Z
dc.date.issued2024-07
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4722
dc.description.abstractSiti Farihah Yulianti, 2024. Kualitas Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Sulaiman Yasin Samarinda. Skripsi, Program Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Titi Kadi, M.Pd.I., sebagai pembimbing I dan Ibu Muthia Umi Setyoningrum, M.Pd., sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini yaitu bahwa pembelajaran Al-Qur’an Hadits masih kurang baik karena adanya beberapa peserta didik yang belum menuntaskan pembelajaran Al-Qur’an Hadits sebab mengalami kesulitan dalam membaca dan mengaji. Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan hasil kualitas pembelajaran Al-Qur’an Hadits yang meliputi aspek perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran serta faktor pendukung dan faktor penghambat kualitas pembelajaran Al-Qur’an Hadits. Jenis penelitian ini adalah deskriptif, dengan pendekatan kualitatif yang bersumber data kepala sekolah, guru Al-Qur’an Hadits, juga beberapa peserta didik. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis datanya yaitu model Miles, Huberman dan Saldana, yaitu kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (conclusions drawing). Adapun teknik keabsahan data memakai triangulasi sumber data dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Sulaiman Yasin Samarinda dilaksanakan dengan beberapa aspek, di antaranya pada aspek perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran. Perencanaan pembelajaran sudah berkualitas dilihat dari RPP yang berisi dari tujuan, materi, kegiatan pembelajaran yang tepat serta didukung pemilihan media dan metode pembelajaran. Kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara interaktif, inspiratif, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dengan aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik. Adapun faktor pendukung dalam kualitas pembelajaran Al-Qur’an Hadits ini yaitu adanya motivasi dari pendidik dan minat belajar peserta didik yang tinggi serta ketersediaan sarana prasarana di sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya adalah kurangnya dukungan dari orang tua dan minimnya fasilitas belajar di rumah.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKualitas Pembelajaran, Al-Qur’an Hadits, Madrasah Tsanawiyah, Evaluasi, Faktor Pendukung dan Penghambaten_US
dc.titleKUALITAS PEMBELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI MADRASAH TSANAWIYAH SULAIMAN YASIN SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record