dc.description.abstract | Mirza Dwi Permana. 1911101124. Pengaruh Pembelajaran Kitab Kuning Ma’had Al-Jami’ah terhadap Prestasi Belajar Mahasantri Asrama Ma’had Al-Jami’ah UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penulisan skripsi ini dibimbing di bawah naungan Dr. Khojir, M.Si., selaku Pembimbing I dan Muhammad Nasrun, M.Pd.I., selaku Pembimbing II.
Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI) memiliki lembaga keislaman berupa Ma’had Al-Jami’ah, dan Ma’had Al-Jami’ah memiliki asrama yang dihuni oleh sejumlah mahasantri yang mendalami ilmu keislaman. Ma’had Al-Jami’ah memiliki banyak sekali program, salah satunya adalah program pembelajaran kitab kuning Ma’had Al-Jami’ah. Peneliti melakukan observasi dan menilai mahasantri sangat antusias dan semangat mengikuti pembelajaran kitab kuning. Sehingga muncul dugaan dari peneliti bahwa prestasi belajar mahasantri dari nilai ujian kitab kuning sangat bagus. Namun, adanya perbedaan latar belakang lulusan sekolah di setiap mahasantri, pastinya akan berpengaruh pada prestasi belajar kitab kuning pada masing-masing mahasantri. Maka dari itu, peneliti ingin mengetahui terkait pengaruh pembelajaran kitab kuning terhadap prestasi belajar mahasantri asrama UIN Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda.
Jenis penelitian kuantitatif. Populasi berjumlah 158 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Sampel diperoleh sebanyak 122 responden. Pengumpulan data berupa angket, dokumentasi, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, uji korelasi, dan uji t (hipotesis) dibantu dengan menggunakan aplikasi SPSS versi 22.
Diperoleh nilai signifikan uji regresi linear sederhana sebesar 0,292 > 0,050, dan hasil uji korelasi dengan nilai Pearson Correlation sebesar 0,143. Dengan kata lain, terdapat pengaruh sangat rendah antara variabel (X) bebas terhadap variabel (Y) terikat, dengan arah hubungan antar variabel positif. Kemudian Hipotesis Ha menyatakan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran kitab kuning Ma’had Al-Jami’ah terhadap prestasi belajar mahasantri asrama UINSI Samarinda dinyatakan ditolak, dengan melihat hasil uji t diperoleh nilai signifikan sebesar 0,292 > 0,050, artinya H₀ diterima. | en_US |