Show simple item record

dc.contributor.authorROHMAN, MUHAMMAD SAIPUL
dc.date.accessioned2025-05-14T03:28:28Z
dc.date.available2025-05-14T03:28:28Z
dc.date.issued2024-08
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4728
dc.description.abstractMuhammad Saipul Rohman. Nilai-Nilai Pendidikan Moral Dalam Kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam Karangan Abdullah Nashih Ulwan. Dibawah bimbingan Ibu Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag sebagai pembimbing I, dan Ibu Aam Amaliatus Sholihah, M.Pd sebagai pembimbing II. Tarbiyatul Aulad Fil Islam merupakan sebuah kitab panduan hasil karya dari seorang ulama, fiqih, da’i, dan pendidik, Abdullah Nashih Ulwan. Kitab ini mengajak setiap orang tua atau pendidik untuk selalu menjaga dan mendidik anak didiknya dengan ajaran agama Islam. Kitab ini juga mengajarkan hukum-hukum yang berkaitan dengan kelahiran, faktor-faktor penyebab kenakalan anak dan cara penanggulangannya, serta tanggung jawab pendidikan, baik dalam aspek iman, seks, fisik, akal, kejiwaan, sosial, maupun moral. Selain itu, Tarbiyatul Aulad Fil Islam mengkaji metode pendidikan, kaidah-kaidah dasar dalam pendidikan, serta sarana pendidikan. Fokus dari penelitian ini adalah pendidikan moral yang terdapat dalam kitab tersebut, dengan tujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan moral dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam karangan Abdullah Nashih Ulwan. Penelitian ini merupakan kajian pustaka (library research) yang dilakukan dengan cara mengkaji bahan-bahan pustaka yang relevan dengan objek pembahasan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deduktif, sedangkan analisis data menggunakan analisis isi (content analysis), yaitu suatu metode sistematis untuk mengkaji dan menganalisis isi data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pendidikan moral dalam kitab Tarbiyatul Aulad Fil Islam merupakan kumpulan dasar-dasar pendidikan moral serta keutamaan sikap dan watak yang wajib dimiliki oleh seorang anak dan yang harus ditanamkan sejak usia tamyiz hingga mencapai usia balig. Pendidikan moral ini terus berlanjut secara bertahap hingga anak siap menghadapi kehidupan dewasa. Nilai-nilai moral yang dimaksud antara lain: shidiq, yaitu perbuatan dan perkataan yang sesuai dengan kebenaran; amanah, yaitu tanggung jawab atas sesuatu yang dipercayakan; istiqomah, yaitu konsistensi yang dilandasi tujuan, visi, dan nilai yang jelas; itsar, yaitu sikap mendahulukan kepentingan orang lain dalam hal kebaikan dan manfaat; serta menolong orang yang kesusahan, yaitu membantu meringankan beban atau kesulitan orang lain baik melalui tenaga, waktu, maupun dana. Kata Kunci: Nilai Moral, Pendidikan Islam, Abdullah Nashih Ulwan, Tarbiyatul Aulad, Pendidikan Anaken_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectNilai Moral, Pendidikan Islam, Abdullah Nashih Ulwan, Tarbiyatul Aulad, Pendidikan Anaken_US
dc.titleNILAI-NILAI PENDIDIKAN MORAL DALAM KITAB TARBIYATUL AULAD FIL ISLAM KARYA ABDULLAH NASHIH ULWANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record