Show simple item record

dc.contributor.authorRamadhani, Muhammad Ikbal
dc.contributor.authorAfendi, Achmad Ruslan
dc.date.accessioned2025-06-03T04:23:32Z
dc.date.available2025-06-03T04:23:32Z
dc.date.issued2025-06-03
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4745
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membentuk karakter siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VIII di MTs Nashirul As’adiyah. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya pembentukan karakter dan pencapaian prestasi akademik sebagai indikator keberhasilan pendidikan, khususnya melalui pembelajaran PAI. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru PAI dan siswa kelas VIII. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memiliki peran strategis dalam membentuk karakter siswa melalui keteladanan, pembiasaan, serta penyampaian materi keagamaan yang aplikatif. Selain itu, kegiatan pembelajaran PAI yang terintegrasi dengan nilai-nilai moral dan spiritual berdampak positif terhadap peningkatan prestasi belajar siswa. Dengan demikian, Pendidikan Agama Islam berkontribusi signifikan dalam membentuk karakter religius, disiplin, dan bertanggung jawab serta dalam mendorong siswa untuk meraih prestasi yang lebih baik.en_US
dc.publisherINCARE (International Journal Of Educational Resource)en_US
dc.subjectPendidikan Agama Islam; Karakter Siswa; Prestasi Belajar.en_US
dc.titlePERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM: PEMBENTUKAN KARAKTER DAN PENINGKATAN PRESTASI SISWAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record