Pengaruh Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Motivasi Belajar Al-Quran Hadist Siswa MAN 2 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Annisa Amalea, 2017. “Pengaruh Penerapan Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Motivasi Belajar Al-Quran Hadist Siswa MAN 2 Samarinda”. Skripsi ini di bawah bimbingan Ibu Dr. Mujahidah, M.Si selaku pembimbing I dan Ibu Juhairiyah, M.Pd selaku pembimbing II.
Penulis memaparkan dalam penelitian ini berdasarkan pada observasi yang terjadi dalam pembelajaran di MAN 2 Samarinda dimana siswa memiliki motivasi belajar kurang optimal. Hal ini dapat dilihat dari Kurang antusiansnya siswa dalam mengikuti pembelajaran Al-Quran Hadist. Pada saat proses belajar mengajar berlangsung ada siswa pada masing-masing kelas yang masih pasif mengikuti aktivitas pembelajaran, misalnya ketika guru memberikan pertanyaan kepada siswa terkait materi beberapa dari mereka masih enggan untuk menjawab, kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran, sibuk berbicara sendiri sehingga tidak memperhatikan ketika guru menjelaskan bahkan bermain handphone. Maka dari itu peran pembelajaran Contextual Teaching Learning yang sering disingkat dengan (CTL) dipandang memiliki peran dalam membangkitkan motivasi belajar siswa. Untuk membangkitkan motivasi belajar siswa, guru sebaiknya menjelaskan materi pelajaran dengan cara yang sistematis, bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti siswa. Seorang siswa melakukan aktivitas belajar dengan senang apabila materi yang disampaikan guru menarik perhatian dan minatnya serta didasarkan pada kebutuhan siswa. Adapun tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui penerapan pembelajaran CTL, (2) unruk mengetahui motivasi belajar siswa, (3) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan antara pembelajaran CTL terhadap motivasi belajar.
Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX MAN 2 Samarinda dengan jumlah 332. Sampel berjumlah 77 orang yang diambil menggunakan teknik purposif Sampling yakni pengambilan sampel yang bertujuan. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan Uji Prouct Moment dengan perhitungan manual miscrosof exel 2010.
Hasil analisis menemukan bahwa (1) Penerapan pembelajaran CTL yang dilakukan oleh guru bidang studi Al-Quran Hadist di MAN 2 Samarinda sudah berjalan baik atau optimal. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi yang sudah dilakukan pada guru bidang studi Al-Quran Hadist bahwa dalam proses belajar mengajar guru telah menggunakan pembelajaran dan pembelajaran CTL yang dilakukan guru sudah sesuai dengan RPP, (2) Motivasi belajar siswa dalam proses pembelajaran di MAN 2 Samarinda terdapat peningkatan atau sudah cukup optimal. Hal ini dibuktikan dari hasil observasi yang sudah dilakukan terhadap siswa kelas XI, (3) pembelajaran CTL mempengaruhi motivasi belajar dengan sumbangan sebesar 0,5154 yaitu tingkat korelasi cukup. Hasil tersebut menunjukan terdapat pengaruh yang cukup signifikan antara pembelajaran CTL terhadap motivasi belajar di MAN 2