View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI TIKTOK TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU SISWA DI MTs DARUSSALAM SEMPAJA SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_ANANDA DWI RAHMADANI_FTIK.pdf (322.3Kb)
Date
2024-08
Author
RAHMADANI, ANANDA DWI
Metadata
Show full item record
Abstract
Ananda Dwi Rahmadani, 2024. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Tiktok Terhadap Perilaku Siswa di MTs Darussalam Sempaja Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Khojir, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Bapak Fathur Rahman, S.Si, M.Si selaku dosen pembimbing II. Latar belakang penggunaan aplikasi Tiktok pada masa kini diwarnai dengan kemajuan teknologi yang pesat, aplikasi Tiktok memiliki potensi besar untuk menjadi sarana positif bagi anak muda, namun dapat membawa dampak negatif jika digunakan secara berlebihan. Berdasarkan observasi menunjukkan berbagai dampak penggunaan Tiktok terhadap perilaku siswa. Dampak positifnya termasuk peningkatan kreativitas, komunikasi, dan rasa percaya diri. Namun juga menunjukkan dampak negatifnya, seperti kecanduan, cyberbullying, dan paparan konten negatif. Dampak ini dapat memengaruhi prestasi belajar, kesehatan mental, dan perilaku siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan aplikasi Tiktok berpengaruh terhadap perilaku siswa di MTs Darussalam Sempaja Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 106 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 84 siswa. Teknik purposive sampling dengan memilih sampel berdasarkan kriteria yang menggunakan dan aktif menggunakan aplikasi Tiktok. Instrumen penelitian yang digunakan angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, setelah itu uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji homogenitas. Dan dilanjutkan dengan uji regresi sederhana dan uji t untuk melihat ada atau tidaknya pengaruh. Hasil data yang diperoleh berdasarkan hasil analisis data menggunakan uji t memperoleh hasil thitung lebih besar daripada ttabel 3,960 > 1,663. Dengan demikian terdapat pengaruh aplikasi Tiktok terhadap perilaku siswa berpengaruh ke arah positif di MTs Darussalam Sempaja Samarinda. Adapun nilai pengaruh R sebesar 0,401 dan output tersebut diperoleh koefisien determinasi atau R Square sebesar 0,161 yang berarti bahwa terdapat pengaruh variabel (X) terhadap variabel (Y). Hasil hipotesis Ha menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi Tiktok terhadap perilaku siswa yaitu sebesar 16,1% sedangkan sisanya 83,9% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dengan demikian hasil hipotesis Ha diterima.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4750
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [868]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV