dc.description.abstract | Rinita, 2024. Pengaruh Penggunaan Handphone Sebagai Media Literasi Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 7 Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Sarjana (S1), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Agus Setiawan, M.Pd.I sebagai pembimbing I dan Ibu Rahmatillah, M.Pd sebagai pembimbing II.
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang begitu cepat sangat mempengaruhi berbagai aspek dalam kehidupan manusia tanpa disadari. Selain itu, perkembangan teknologi dan informasi itu sendiri memang mempunyai dampak positif bagi proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam tetapi dapat juga berdampak negatif jika tidak dipergunakan sebagaimana mestinya, khususnya pada alat komunikasi handphone bagi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis seberapa besar pengaruh penggunaan handphone sebagai media literasi terhadap motivasi peserta didik di SMP Negeri 7 Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal dengan populasi berjumlah 330 siswa dan sampel berjumlah 60 siswa dari 2 kelas, yaitu kelas VII A dan VII B. Teknik sampling menggunakan simple random sampling dan menggunakan rumus Slovin sehingga didapatkan sampel. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini digunakan uji validitas dan reliabilitas untuk menguji keabsahan data, terdapat uji korelasi untuk melihat hubungan antara kedua variabel, uji t untuk menguji hipotesis, dan juga uji koefisien determinasi untuk melihat persentase pengaruh.
Berdasarkan hasil uji korelasi menunjukkan bahwa pengaruh penggunaan handphone sebagai media literasi memiliki hubungan yang cukup berpengaruh terhadap motivasi peserta didik di SMP Negeri 7 Samarinda. Hal ini dibuktikan berdasarkan nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai Pearson Correlation sebesar 0,440 yang berada pada interval 0,400–0,599. Dari hasil uji t, diketahui nilai thitung sebesar 3,728 lebih besar dari ttabel sebesar 2,000. Dengan hasil ini maka Ha diterima, yakni terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan handphone sebagai media literasi terhadap motivasi belajar di SMP Negeri 7 Samarinda. Kemudian hasil uji koefisien determinasi diperoleh R² = 0,193 yang berarti variabel penggunaan handphone mempengaruhi motivasi belajar siswa sebesar 19,3%, sementara sisanya 80,7% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Adapun di antaranya: kualitas pengajaran dan interaksi guru-siswa, lingkungan belajar di rumah dan di sekolah, motivasi intrinsik dan ekstrinsik siswa, kecerdasan emosional dan sosial siswa, dukungan orang tua dan teman sebaya, serta faktor kesehatan fisik dan mental siswa. | en_US |