IMPLEMENTASI KEGIATAN KEAGAMAAN DALAM MENGEMBANGKAN KARAKTER RELIGIUS SISWA DI SMK NEGERI 4 SAMARINDA
Abstract
Muhammad Hannan Atthariq. 2024. “Implementasi Kegiatan Keagamaan Dalam Mengembangkan Karakter Religius Siswa di SMK Negeri 4 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Pembimbing I: Dr. Muchammad Eka Mahmud, M.Ag., Pembimbing II: H. Susanto, Lc., M.Pd.I.
Latar belakang penelitian ini berasal dari dunia pendidikan yang menghadapi tantangan yang sangat serius. Tantangan tersebut dikatakan serius karena berkaitan dengan moral sosial. Dengan fakta menunjukkan bahwa karakter bangsa pada zaman globalisasi saat ini mengalami kemrosotan. Sama halnya seperti yang peneliti temukan di SMK Negeri 4 Samarinda, bahwasannya siswa mengalami penurunan nilai-nilai karakter yang signifikan. Maka dari itu, untuk mengatasi tantangan tersebut, SMK Negeri 4 sebagai lembaga pendidikan formal telah merencanakan dan menjalankan pengembangan karakter religius melalui kegiatan keagamaan yang terstruktur dan komprehensif.
Penelitian ini merupakan jenis deskriptif kualitatif. Pengumpulan data-data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian ini adalah waka kurikulum, guru PAI, dan siswa. Adapun uji keabsahan data melalui triangulasi sumber data dan teknik. Di samping itu, analisis data menggunakan model interaktif seperti pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan simpulan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi kegiatan keagamaan dalam mengembangkan karakter religius siswa di SMK Negeri 4 Samarinda telah dirancang dengan terstruktur dan komprehensif mulai dari program jangka pendek, menengah, dan panjang. Jangka pendek yaitu kegiatan yang dilaksanakan harian seperti: buletin Jum’at, tahsin, dan hafalan. Jangka menengah merupakan kegiatan yang dilaksanakan bulanan seperti: mabit, mujawwad dan tartil, serta latihan khutbah dan pidato. Jangka panjang adalah kegiatan yang dilaksanakan tahunan seperti: tahfizh camp, dan olimpiade PAI. Kegiatan keagamaan di SMK Negeri 4 Samarinda juga telah dilaksanakan secara rutin oleh siswa dan didampingi oleh guru keagamaan dan guru bidang studi lainnya. Adapun kegiatan-kegiatan yang menjadi fokus penelitian seperti ekstrakurikuler Rohani Islam (Rohis), sholat berjamaah, kegiatan jam ke-0, dan peringatan hari besar Islam (PHBI) memainkan peran krusial terhadap pengembangan karakter religius siswa. Melalui kegiatan-kegiatan tersebut siswa belajar untuk disiplin, bertoleransi, dan sopan santun. Selain itu, terdapat beberapa faktor pendukung yang berkontribusi terhadap keberhasilan implementasi kegiatan keagamaan ini. Faktor-faktor tersebut antara lain dukungan penuh dari pihak sekolah, komitmen guru dalam membimbing kegiatan keagamaan. Di sisi lain, terdapat beberapa hambatan seperti pemakaian gadget yang berlebihan, lingkungan sosial yang tidak kondusif, dan kurangnya keterlibatan orang tua.