Show simple item record

dc.contributor.authorNURFAIZA, SHINTA AMALIA
dc.date.accessioned2025-06-20T02:45:46Z
dc.date.available2025-06-20T02:45:46Z
dc.date.issued2024-11
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4805
dc.description.abstractShinta Amalia Nurfaiza, 2024. “Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 35 Samarinda”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda (UINSI). Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Darwis, M.S.I dan dosen pembimbing II Bapak Wildan, M.Pd. Latar belakang penelitian ini dilihat dari lahirnya kebijakan Kurikulum Merdeka yang menjadikan paradigma baru di satuan pendidikan. Hal ini menjadi kendala yang dihadapi oleh SMP Negeri 35 Samarinda dalam proses perencanaan dan pelaksanaan Kurikulum Merdeka, di mana pembaruan konsep pembelajaran memberikan kebebasan bagi peserta didik dan guru untuk berinovasi dan berkreativitas. Berangkat dari pernyataan di atas, peneliti akan membahas pelaksanaan Kurikulum Merdeka di SMP Negeri 35 Samarinda guna mengetahui bagaimana pelaksanaan Kurikulum Merdeka dan apa saja faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan mengambil objek SMP Negeri 35 Samarinda. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Responden dalam penelitian ini yaitu kepala sekolah, waka kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam kelas VII serta siswa yang paham terkait penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Pelaksanaan Kurikulum Merdeka pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 35 Samarinda sudah sesuai dengan tahapan dari pedoman. Dimulai dari perencanaan pelaksanaan Kurikulum Merdeka seperti menganalisis Capaian Pembelajaran (CP), membuat Tujuan Pembelajaran (TP) yang sesuai dengan kebutuhan lingkungan di sekolah, lalu membuat Alur Tujuan Pembelajaran, menyusun perangkat pembelajaran, mempersiapkan pembelajaran, setelah itu melaksanakan pembelajaran dimulai dari kegiatan awal, lalu kegiatan inti, terakhir kegiatan penutup pembelajaran. Faktor pendukungnya yaitu partisipasi aktif guru dalam mengembangkan kompetensi, keahlian, kreativitas, inovasi, dan motivasi guru dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka. Faktor penghambat pada pelaksanaan Kurikulum Merdeka salah satunya adalah sarana dan prasarana yang belum memadai, selain itu mindset guru yang menganggap Kurikulum Merdeka ini sulit.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKurikulum Merdeka, Pendidikan Agama Islam, Pelaksanaan Kurikulum, SMP Negeri 35 Samarinda.en_US
dc.titlePELAKSANAAN KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 35 SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record