PERENCANAAN KARIER PADA ANAK ASUH TINGKAT SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) DI PANTI SOSIAL PERLINDUNGAN ANAK DHARMA SAMARINDA
Abstract
Ma’rifatul Hasanah, 2024. “Perencanaan Karier pada Anak Asuh Tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Panti Asuhan Perlindungan Anak Dharma Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pemberdayaan Masyarakat, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Muhammad Tahir, S.Ag., M.M. dan Rudy Hadi Kusuma, M.Pd.
Anak asuh umumnya mengalami kebingungan dalam merencanakan karier akibat terbatasnya informasi dan dukungan dari keluarga, sehingga membuat anak asuh kesulitan dalam merencanakan dan memilih jenjang karier selanjutnya. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan karier pada anak asuh tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma Samarinda.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan fenomenologi. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis data Miles, Huberman, dan Saldana meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan keikutsertaan peneliti dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini adalah perencanaan karier pada anak asuh di Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma Samarinda menunjukkan hasil yang positif. Meskipun anak asuh menghadapi berbagai tantangan dan kebingungan dalam merencanakan karier akibat terbatasnya akses informasi, dukungan emosional, dan finansial, mereka mampu mengembangkan perencanaan karier yang baik dengan memanfaatkan fasilitas yang diberikan oleh panti asuhan dan sekolah. Bimbingan dari guru BK, pengasuh, dan pekerja sosial serta program pelatihan keterampilan dan pengembangan diri yang tersedia menjadi hal penting dalam membantu anak asuh mengidentifikasi bakat, minat, nilai-nilai, kepribadian, kesempatan karier, penampilan karier, dan gaya hidup yang sesuai dengan potensi anak asuh. Proses ini tidak hanya membantu mereka mengidentifikasi minat dan bakat, tetapi juga memberikan pemahaman yang lebih mendalam mengenai berbagai pilihan karier yang sesuai dengan keinginan dan potensi mereka. Oleh karena itu, meskipun terdapat tantangan dan hambatan, anak asuh mampu merencanakan dan mempersiapkan karier mereka dengan baik untuk masa depan.