Show simple item record

dc.contributor.authorMUFRIZAL, MUHAMMAD
dc.date.accessioned2025-06-23T00:09:37Z
dc.date.available2025-06-23T00:09:37Z
dc.date.issued2024-06
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4814
dc.description.abstractMuhammad Mufrizal, 2024. “Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Multikultural Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (Studi Multi Situs di SMP Negeri 25 Samarinda dan SMP Negeri 16 Samarinda)”. Tesis. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. H. Mukhamad Ilyasin, M.Pd, sebagai pembimbing I dan Dr. Bahrani, M.Pd, sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah berawal dari adanya berbagai macam latar belakang yang beragam dari siswa-siswi menjadi penyebab timbulnya konflik, seperti di dalam pembagian tugas kelompok mereka cenderung memilih teman yang pintar dan rajin. Hal tersebut tentu berpotensi timbulnya konflik yang menyebabkan solidaritas di antara mereka menjadi renggang, misalnya unsur bullying pada sebagian mereka, kemudian terdapat geng-geng tertentu sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi guru pada umumnya dan guru PAIBP pada khususnya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis nilai-nilai pendidikan multikultural, faktor pendukung, dan faktor penghambat dalam mendukung implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (studi multi situs di SMP Negeri 25 Samarinda dan SMP Negeri 16 Samarinda). Jenis penelitian ini adalah studi multi situs dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian ini di SMP Negeri 25 Samarinda yaitu 2 orang guru PAIBP, kepala sekolah, dan 6 siswa-siswi SMPN 25 Samarinda. Selanjutnya, sumber data penelitian di SMP Negeri 16 Samarinda yaitu 3 orang guru PAIBP, kepala sekolah, dan 6 siswa-siswi SMPN 16 Samarinda. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, serta dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan teori Miles and Huberman yaitu pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menggunakan uji keabsahan data terhadap suatu data hasil penelitian dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini adalah implementasi nilai-nilai pendidikan multikultural siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (studi multi situs di SMP Negeri 25 Samarinda dan SMP Negeri 16 Samarinda) terlaksana melalui kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, kegiatan keagamaan, dan perayaan hari besar keagamaan yang mencakup empat nilai yaitu nilai solidaritas, nilai keadilan, nilai demokrasi, dan nilai toleransi. Kemudian faktor pendukungnya adalah adanya kolaborasi antara kepala sekolah dan guru Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, saling komunikasi baik dari guru, sarana dan prasarana, orang tua, program inklusi dan kegiatan keagamaan. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu sebagian orang tua kurang memperhatikan siswa-siswinya karena faktor kesibukan bekerja, siswa-siswi yang sulit dinasehati.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPendidikan Multikultural, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti, Nilai Solidaritas, Toleransi, Studi Multi Situs.en_US
dc.titleIMPLEMENTASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN MULTIKULTURAL SISWA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI (Studi Multi Situs di SMP Negeri 25 Samarinda dan SMP Negeri 16 Samarinda)en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record