View Item 
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

METODE PEMBELAJARAN RASULULLAH PERSPEKTIF KITAB AL RASŪL AL MU’ALLIM WA ASALĪBUHŪ FĪ AL TA’LĪM KARYA ABDUL FATTAH ABU GHUDDAH DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA MODERN

Thumbnail
View/Open
TESIS_WAHYUDI WAHYUDI_PASCASARJANA PAI.pdf (131.7Kb)
Date
2024-06
Author
WAHYUDI, WAHYUDI
Metadata
Show full item record
Abstract
Wahyudi, 2024. “Metode Pembelajaran Rasulullah Perspektif Kitab Al-Rasūl Al-Mu’allim wa Asalībuhū fī Al-Ta’līm Karya Abdul Fattah Abu Ghuddah dan Relevansinya dengan Pendidikan Agama Islam di Era Modern”. Tesis, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag sebagai pembimbing I dan Dr. Hj. Titi Kadi, M.Pd sebagai pembimbing II. Metode pembelajaran merupakan cara di mana isi pelajaran disampaikan kepada siswa dengan cara memfasilitasi pemahaman, retensi, dan pencernaan mereka. Menggunakan metode pembelajaran yang tepat akan berhasil mencapai segala tujuan tersebut. Melihat perkembangan zaman, perubahan aspek pembelajaran sangat mempengaruhi terhadap siswa. Di antara konsep pembelajaran adalah konsep pembelajaran tidak lagi berfokus kepada guru, namun harus berfokus kepada siswa atau diistilahkan dengan konsep pembelajaran student center. Peranan guru serta metode yang dipakai dalam proses pembelajaran sangat penting. Walaupun siswa tetap diarahkan menjadi center dalam prosesnya, namun kehadiran guru dengan metode teladan yang diadaptasi dari sumber Rasulullah sangatlah penting untuk tetap dilanjutkan dan dilestarikan, apalagi dalam konteks Pendidikan Agama Islam. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research). Penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif yang mengarah kepada perspektif Islam dalam tinjauannya. Sumber data primer atau utama dalam penelitian ini yaitu kitab Al-Rasūl Al-Mu’allim wa Asalībuhū fī Al-Ta’līm. Sementara sumber data sekunder atau pendukung yaitu karya-karya penulis yang juga relevan dengan bahasan penelitian ini. Teknik analisis yang dipakai yaitu melalui proses content analysis untuk menelaah isi kitab dari Al-Rasūl Al-Mu’allim wa Asalībuhū fī Al-Ta’līm. Hasil dari penelitian ini tentang metode pembelajaran Rasulullah menunjukkan bahwa kitab Al-Rasūl Al-Mu’allim wa Asalībuhū fī Al-Ta’līm karya Abdul Fattah Abu Ghuddah merinci metode pembelajaran Rasulullah, yang meliputi metode dialog dan tanya jawab, metode diskusi dan pemikiran logis, metode analogi dan perumpamaan, metode nasihat dan peringatan, metode kisah, metode keteladanan, serta metode memperhatikan perbedaan karakter setiap peserta didik. Jika ditinjau dari segi Pendidikan Agama Islam pada masa saat ini, baik disebut dengan era revolusi industri 4.0, era milenial, maupun ditinjau dari segi inovasi kurikulum merdeka, maka metode pembelajaran Rasulullah masih sangat relevan untuk diterapkan selama pendidik mampu menyesuaikan metode-metode tersebut berdasarkan keadaan di lapangan.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4821
Collections
  • E-Thesis - Pendidikan Agama Islam [110]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV