Kreataivitas Guru Al-Quran Hadist di Madrasah Tsanawiah Darud Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Loa Janan Ilir Samarinda
Abstract
Peni Wahyuni, 2016.”Kreativitas Guru Al-Quran Hadist di Madrasah Tsanawiah Darud Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Loa Janan Ilir Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agma Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negri ( IAIN ) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Etty Nurbayani, M.Pd dan Dr. Zamroni, M.Pd.
Latar belakang ini bermula dari peneliti melihat sebuah sekolah dengan sarana dan prasarana yang sangat terbatas, mulai dari kantor guru, perpustakaan, dan lapangan yang masih bergabung antara MTs dangan MA. Selain itu sekolah tersebut hanya memiliki 1 (satu) buah LCD yang digunakan bersama oleh MTs dan MA. Dengan adanya keterbatasan ini peneliti ingin melihat guru Al-Quran Hadist dalam menghasilkan kreativitas yang dapat membantu keterbatasan yang dimiliki sekolah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kreativitas guru Al-Quran Hadist, dan apa saja hasil kreativitas yang dilakukan oleh guru Al-Quran Hadist, serta faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi kreaativitas guru Al-Quran Hadist.
Jenis penelitian ini tergolong penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang perhatiannya lebih banyak ditujukan penyelidikan pada fenomena-fenomena yang ada pada pembelajaran guru Al-Quran HAdist di MTs DDI Tani Aman Loa Janan Ilir
Hasil penelitian tentang kreativitas guru Al-Quran Hadist di Madrsah Tsanawiah Darud Da’wah Wal Irsyad Tani Aman Loa Janan Ilir dapat dikatakan baik, hasil dari kreativitas yang dilakukan oleh guru al-quran hadist berupa pembuatan media sederhana serta membuat trobosan besar di sekolah tersebut berupa program baca tulis Al-quran (BTA) yang sudah berjalan dua tahun. Faktor-faktor yang mempengaruhi kreativitas guru Al-Quran Hadist yaitu suatu kondisi, baik itu kondisi waktu ataupun kondisi peserta didik itu sendiri.