IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN JIGSAW MATA PELAJARAN AL QUR’AN HADIST MADRASAH ALIYAH DARUL IHSAN SAMARINDA
Abstract
Mochamad Fahri Ismanto, 2024. “Implementasi Model Pembelajaran Jigsaw Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Aliyah Darul Ihsan”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penulis skripsi dibimbing oleh Dra. Hj. Ananiah, M.M.Pd. selaku Pembimbing I dan Muhammad Ridho Muttaqin, M.Pd. selaku Pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi sebab pendidikan merupakan salah satu faktor penting demi meningkatkan kualitas sumber daya manusia dalam sebuah negara. Dalam mendidik, seorang guru perlu menggunakan model pembelajaran agar proses belajar yang dilaksanakan menjadi efisien. Ada banyak macam model pembelajaran yang ada, contohnya seperti model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw. Di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda, pada saat pembelajaran tatap muka, guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadist menggunakan model pembelajaran kooperatif jigsaw sehingga menarik peneliti untuk melakukan penelitian di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda. Adapun tujuan dari penelitian ini ditujukan untuk mengetahui bagaimana implementasi dari model pembelajaran kooperatif jigsaw pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda.
Penelitian ini dilakukan di Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif kualitatif. Adapun sumber data pada penelitian ini adalah guru Al-Qur’an Hadist, kepala sekolah, waka kurikulum, dan siswa kelas XII melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini juga menggunakan triangulasi data, yang dapat diartikan sebagai pengecekan data dari berbagai sumber dengan berbagai cara, dan berbagai waktu. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, sajian data, dan kemudian penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian implementasi model pembelajaran jigsaw mata pelajaran Al-Qur’an Hadist di Darul Ihsan menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif jigsaw berdampak positif bagi para siswa-siswi Madrasah Aliyah Darul Ihsan Samarinda. Setelah menggunakan model pembelajaran ini, sebagian besar siswa-siswi bisa lebih aktif, terlebih selama satu setengah semester sebelumnya para siswa hanya menggunakan sistem pembelajaran model-model yang lain. Model ini membuat para siswa bisa memahami pembelajaran secara maksimal, terlebih siswa hanya diberikan tugas saja dan mereka bekerja sama dengan teman mereka.