dc.description.abstract | Afifah, 2024. “Efektivitas Penerapan Model Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fiqh di MTs Noor Iman Samarinda”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Pembimbing I: M. Ridho Muttaqin, M.Pd. Pembimbing II: Siti Nasiah, M.Pd.
Latar belakang penelitian ini yaitu pembelajaran konvensional masih dominan digunakan dalam melakukan proses belajar mengajar, khususnya pada mata pelajaran fiqih. Hal ini berdampak pada rendahnya hasil belajar siswa, terutama dalam aspek kognitif. Oleh karena itu, diperlukan inovasi dalam model pembelajaran untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran snowball throwing dalam meningkatkan hasil belajar Fiqh di kelas VII MTs Noor Iman Samarinda.
Penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Subjek penelitian terdiri dari dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kontrol, di mana kelas eksperimen menggunakan model snowball throwing dan kelas kontrol menggunakan metode pembelajaran konvensional. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa MTs Noor Iman Samarinda, dengan sampel kelas VII yang diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui tes pre-test dan post-test, serta dianalisis menggunakan uji independent samples t-test dan uji n-gain score.
Hasil belajar fiqh mengalami peningkatan yang signifikan dengan nilai rata-rata post-test kelas eksperimen adalah 87, lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang hanya mencapai 81. Selain itu, hasil analisis N-Gain Score menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar pada kelas eksperimen berada dalam kategori tinggi, dengan nilai N-Gain sebesar 70,18% (kategori cukup efektif), sedangkan kelas kontrol hanya memiliki N-Gain sebesar 30,54% (kategori tidak efektif). Dengan demikian, model pembelajaran snowball throwing terbukti lebih efektif dibandingkan metode konvensional dalam meningkatkan hasil belajar Fiqh. | en_US |