HUBUNGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKIDAH AKHLAK KELAS IX DI MTS AT-TAQWA SAMARINDA
Abstract
Selvi Nur Anggreni, 2024. “Hubungan Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IX di MTs At-Taqwa Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Muhammad Khairul Rijal, M.Pd. dan Maulida Ulfa Hidayah, M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi pentingnya model problem based learning untuk dapat meningkatkan cara berpikir kritis siswa agar mampu memecahkan permasalahannya. Dan pentingnya hasil belajar ialah untuk dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan dari pembelajaran. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan model problem based learning terhadap hasil belajar Akidah Akhlak. Oleh karena itu, peneliti tertarik untuk mengeksplorasi hubungan model problem based learning terhadap hasil belajar Akidah Akhlak.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, dengan desain deskriptif yang bersifat korelasional. Penelitian ini dilakukan di MTs At-Taqwa Samarinda. Sampel dalam penelitian ini menggunakan sampel jenuh dengan jumlah 38 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya, teknik analisis dilakukan setelah melalui serangkaian uji prasyarat, termasuk uji normalitas dan uji linearitas. Setelah itu, dilakukan pengujian hipotesis menggunakan uji korelasi, uji t, dan koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil uji hipotesis menunjukkan terdapat hubungan model problem based learning terhadap hasil belajar Akidah Akhlak. Hal ini dilihat dari hasil analisis korelasi product moment menunjukkan adanya korelasi antara model problem based learning dengan hasil belajar peserta didik yaitu 0,464. Lalu pada hasil uji t menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikansi antara problem based learning dan hasil belajar dengan peroleh nilai thitung besarnya 3,144 > dari ttabel 1,688298 dan nilai sig. sebesar 0,003. Artinya, model problem based learning berhubungan positif dan signifikansi terhadap hasil belajar. Sementara nilai koefisien determinasi menunjukkan model problem based learning berhubungan dengan hasil belajar yaitu 22% sedangkan sisanya 78% ditentukan oleh hubungan variabel lain yang tidak diamati dalam penelitian ini.