Show simple item record

dc.contributor.authorSEKIYYA, ANIS
dc.date.accessioned2025-06-24T02:43:54Z
dc.date.available2025-06-24T02:43:54Z
dc.date.issued2024-09
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4851
dc.description.abstractAnis Sekiyya, 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Hijaiyah Card Terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Fath Samarinda”. Skripsi, Program Studi Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, MA selaku Pembimbing I dan Bapak Dr. Badrut Tamam, M.Pd.I. selaku Pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan santri dalam membaca huruf hijaiyah di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Fath Samarinda kurang baik sebelum menggunakan media hijaiyah card ini. Para santri belum bisa membedakan huruf-huruf hijaiyah, dan juga mengalami kesulitan untuk mengenal huruf hijaiyah. Sehingga kemampuan membaca huruf hijaiyah santri tersebut menjadi kurang baik. Tetapi setelah diterapkan media hijaiyah card, santri menjadi lebih mudah untuk menerima pembelajaran karena guru sudah dapat menyesuaikan media pembelajaran dengan santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Fath Samarinda. Penerapan Media Pembelajaran Hijaiyah card diharapkan mampu meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah setiap santri. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh dari penerapan Media Pembelajaran Hijaiyah card terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah santri di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Fath, Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini merupakan penelitian populasi, jadi populasi yang digunakan adalah santri yang berusia 5–6 tahun pada jilid 1 yang menggunakan Media Pembelajaran Hijaiyah card di Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) Al-Fath, Samarinda. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, kuisioner, tes, dan dokumentasi. Uji prasyarat menggunakan uji normalitas dan linearitas. Teknik analisis data menggunakan uji korelasi product moment, uji regresi linear sederhana, uji koefisien determinasi, dan uji T. Penggunaan media pembelajaran hijaiyah card berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah santri sebesar 0,938, yang mana angka tersebut pada interval antara 0,80 – 1,00 dengan skala sangat kuat dan nilai koefisien determinasi R Square sebesar 0,880. Dapat dipresentasekan pengaruh media hijaiyah card terhadap kemampuan membaca huruf hijaiyah sebesar 88%. Sisanya 12% dari hasil kemampuan membaca dipengaruhi oleh faktor lain. Hal tersebut diperkuat melalui kegiatan belajar menggunakan media pembelajaran hijaiyah card dan juga kegiatan bermain kartu hijaiyah bersama dengan guru dan santri yang lain guna melatih kemampuan membaca huruf hijaiyah. Kegiatan tersebut dilaksanakan setiap selesai pembelajaran dan dinyatakan dapat meningkatkan kemampuan santri dalam melafalkan huruf hijaiyah secara benar.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectMedia Hijaiyah Card, Kemampuan Membaca, Huruf Hijaiyah, TPQ Al-Fath.en_US
dc.titlePENGARUH PENGGUNAAN MEDIA HIJAIYAH CARD TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH SANTRI DI TAMAN PENDIDIKAN AL-QUR’AN AL-FATH SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record