dc.description.abstract | Arieska Rahmadanti Aprilliana, 2024. “Kesulitan Siswa dalam Memahami Teks Bacaan Bahasa Inggris di Semester Kelima dari Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UINSI Samarinda pada Tahun Akademik 2023/2024”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Rostanti Toba, M.Pd sebagai penasihat pertama, dan Nadia Sya’ya, M.Pd, M.TESOL sebagai penasehat kedua.
Membaca merupakan salah satu dari empat keterampilan berbahasa yang diajarkan dalam proses pembelajaran bahasa Inggris. Karena bahasa Inggris di Indonesia adalah bahasa asing, ada kemungkinan bahwa siswa bahasa Inggris mungkin mengalami kesulitan dalam memahami teks bacaan, mungkin karena kesalahan identifikasi dan pengenalan kata, atau kemampuan pemahaman khusus yang terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi aspek-aspek dan faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan mahasiswa semester lima Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris UINSI Samarinda dalam memahami teks bacaan bahasa Inggris.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif sebagai desain penelitian. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester lima di kelas TBI 2. Data dikumpulkan melalui observasi dan wawancara. Peneliti menggunakan tiga langkah dalam pengolahan hasil penelitian, yaitu kondensasi data, display data, dan penarikan kesimpulan dan verifikasi. Validasi data dari penelitian ini menggunakan metode triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa semester lima Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris di UINSI Samarinda mengalami kesulitan dalam memahami teks bacaan bahasa Inggris, terutama dalam menentukan ide pokok, membuat kesimpulan, memperoleh pengetahuan kosakata, dan memahami arti kata, termasuk kurangnya kosakata, kurangnya minat siswa, dan kurangnya dukungan guru. Berdasarkan hasil penelitian, penelitian ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih dalam tentang kesulitan yang dihadapi siswa dalam memahami teks bacaan bahasa Inggris dan menjadi dasar untuk mengembangkan strategi pengajaran yang lebih efektif di masa depan. | en_US |