View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
  • Bimbingan dan Konseling Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah
  • Bimbingan dan Konseling Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

STRATEGI PENGASUHAN DALAM MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL ANAK DI PANTI SOSIAL PERLINDUNGAN ANAK DHARMA (PSPAD) SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_SINAR RAMADHAN_FUAD.pdf (148.2Kb)
Date
2024-10
Author
RAMADHAN, SINAR
Metadata
Show full item record
Abstract
Sinar Ramadhan, 2024. “Strategi Pengasuhan Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional Anak Di Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma (PSPAD) Samarinda.” Skripsi, Jurusan Pemberdayaan Masyarakat, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, Universitas Islam Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Amirullah, M.Ud dan Rini Fitriani Permatasari, S.Psi., M.A. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pengasuhan dalam meningkatkan kecerdasan emosional anak di Panti Sosial Perlindungan Anak Dharma (PSPAD) Samarinda. Anak-anak di panti seringkali menghadapi tantangan emosional yang kompleks akibat latar belakang kehidupan yang sulit, seperti kehilangan keluarga, pengalaman traumatis, atau ketidakstabilan lingkungan. Strategi pengasuhan yang baik akan memiliki potensial untuk membantu mereka mengatasi emosi yang tidak stabil. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Ada beberapa teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori strategi pengasuhan menurut Diana Baumrind dan kecerdasan emosional menurut Daniel Goleman. Hasil penelitian ini ialah, pengasuh yang secara aktif terlibat dalam kehidupan emosional anak cenderung mendorong hasil yang lebih menguntungkan dalam pengembangan kecerdasan emosional anak. Strategi pengasuhan yang meliputi pola pengasuhan otoritatif dan gaya pengasuhan yang tepat yaitu kontrol, tuntutan, dan perhatian. Selain itu, program kegiatan seperti seni tari, musik, handball dan keterampilan sosial seperti muhadhoroh, juga efektif dalam membantu anak mengekspresikan serta mengelola emosi mereka. Anak-anak yang berpartisipasi dalam program ini menunjukkan kemampuan yang lebih baik dalam mengelola konflik dan berempati terhadap orang lain. Mengelola emosi secara efektif mendorong pertumbuhan pribadi dan peningkatan karakter. Proses ini membutuhkan penemuan diri, introspeksi, dan pengembangan sifat seperti ketahanan, kesabaran, dan empati.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4859
Collections
  • Bimbingan dan Konseling Islam [108]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV