ENHANCING ENGLISH WRITING PROFICIENCY VIA TEAM GAMES TOURNAMENT: AN ACTION RESEARCH ON PROCEDURE TEXTS WITH EIGHTH-GRADE STUDENTS AT MTs. DARUSSALAM SAMARINDA IN THE ACADEMIC YEAR 2024/2025
Abstract
Afrida, Berliana Sela, 2024. Enhancing English Writing Proficiency via Team Games Tournament: An Action Research on Procedure Texts with Eight-Grade Students at MTs. Darussalam Samarinda in the Academic Year 2024/2025 – Undergraduate Thesis. Supervisor: (1) Rostanti Toba, M.Pd. (2) Nadia, M.Pd., M.TESOL.
Menulis adalah kegiatan mengekspresikan pikiran, ide, dan perasaan melalui kata-kata tertulis, yang memungkinkan seseorang untuk menyampaikan pesannya kepada khalayak yang lebih luas. Menulis bukan hanya tindakan pasif mencatat informasi, tetapi merupakan proses aktif untuk mengubah dan membentuk ide menjadi bentuk yang koheren dan terstruktur. Menulis dapat memiliki banyak tujuan, seperti mengolah ide, membentuk pemikiran, merefleksikan pengalaman, berkomunikasi dengan orang lain, dan menciptakan karya yang estetis. Menulis dapat membantu seseorang menjelaskan sesuatu yang sedang dipikirkan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi peningkatan kemampuan menulis teks prosedur siswa melalui metode Team Games Tournament di MTs. Darussalam Samarinda pada Tahun Ajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas delapan di MTs. Darussalam Samarinda pada tahun ajaran 2024/2025.
Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara penelitian kuantitatif, melalui observasi untuk menggambarkan tindakan. Kemudian data dikumpulkan dari tes tersebut. Skor rata-rata dan persentase kelas digunakan sebagai peningkatan kemampuan menulis siswa.
Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur dengan menggunakan metode Team Games Tournament, yang dapat dilihat dari perhitungan perbedaan antara total skor rata-rata refleksi I dan refleksi II. Pada siklus I, kemampuan siswa dalam menulis teks prosedur dikategorikan rendah, dengan nilai rata-rata 72,71 dan persentase ketuntasan kelas sebesar 42,85%. Namun, beberapa siswa masih perlu mencapai kriteria ketuntasan minimal. Pada siklus II, nilai rata-rata siswa adalah 82,82 dan persentase kelulusan kelas adalah 85,71%.