EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 18 SAMARINDA
Abstract
Dita Ramadhani, 2024. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 18 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Badrut Tamam, M.Pd.I selaku dosen pembimbing I dan Ibu Siti Nasiah, M.Pd selaku dosen pembimbing II.
Fenomena rendahnya minat belajar siswa dilatarbelakangi oleh kegiatan belajar mengajar terutama dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Hal ini terlihat dari partisipasi siswa yang kurang, dan pemahaman materi yang kurang optimal serta kurangnya pilihan media yang bervariasi. Dengan ini maka peneliti tertarik melakukan uji coba untuk menerapkan media pembelajaran Wordwall, dikarenakan ada keunggulan yang dimiliki yakni dapat meningkatkan proses belajar serta menciptakan suasana belajar yang membuat siswa senang. Selain itu, media pembelajaran Wordwall juga dapat melatih ketelitian, kecermatan, dan ketepatan serta kecepatan siswa. Tujuannya untuk mengetahui apakah penerapan media pembelajaran Wordwall ini efektif dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 18 Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan bentuk quasi experimental design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IX yang berjumlah 131 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 62 siswa, terdiri dari 29 siswa kelas kontrol (IX D) dan 33 siswa kelas eksperimen (IX C). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, angket, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, dilanjutkan dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas, uji independent sample t-test dengan menggunakan bantuan program IBM SPSS versi 25.
Hasil analisis data diperoleh nilai Thitung sebesar 11,264 dan Ttabel sebesar 1,670 maka sebagaimana keputusan uji independent sample t-test apabila Thitung > Ttabel maka Ha diterima. Dan untuk mengetahui minat siswa berdasarkan hasil koefisien determinasi dengan hasil interpretasi koefisien korelasi 0,410 dimana nilai tersebut masuk ke dalam kategori sedang. Sehingga kesimpulan yang dapat diambil adalah media pembelajaran Wordwall efektif dalam meningkatkan minat belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Negeri 18 Samarinda.