View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Bahasa Inggris
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Bahasa Inggris
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

THE EFFECTIVENESS OF USING DIALOGUE JOURNAL IN IMPROVING STUDENTS DESCRIPTIVE WRITING AT THE EIGHTH GRADE OF MTS AL-MUJAHIDIN 2 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_SYAFRINA AISYAH PUTRI_FTIK.pdf (147.5Kb)
Date
2024-10
Author
PUTRI, SYAFRINA AISYAH
Metadata
Show full item record
Abstract
Syafrina Aisyah Putri, 2024. “Efektivitas Penggunaan Jurnal Dialog dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Deskriptif Siswa Kelas VIII MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. H. Shafa, M.Pd sebagai pembimbing pertama dan Ibu Anis Komariah, M.Pd sebagai pembimbing kedua. Menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa Inggris yang sangat penting untuk dipelajari siswa. Siswa memiliki kurangnya kemampuan menulis karena dalam proses pembelajaran guru Bahasa Inggris masih menggunakan pendekatan teacher-centered di mana guru memegang peranan yang sangat aktif dalam mengendalikan proses pembelajaran, sehingga siswa pada umumnya hanya bersikap pasif terhadap apa yang diberikan oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah jurnal dialog di kelas VIII MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda dapat meningkatkan kemampuan menulis deskriptif siswa dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan menulis deskriptif siswa di kelas VIII MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda setelah menggunakan jurnal dialog. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksperimen murni. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri dari dua kelas yang berjumlah 56 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Masing-masing kelas berjumlah 28 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes tertulis berupa soal pilihan ganda, soal isian, dan soal uraian. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan uji-t sampel independen untuk menganalisis hasil belajar siswa, dengan melakukan pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan sebagian besar siswa memperoleh nilai baik setelah perlakuan. Nilai rata-rata pre-test siswa di kelas eksperimen adalah 49,00 sedangkan nilai rata-rata post-test adalah 71,07. Di kelas kontrol, nilai rata-rata pre-test siswa adalah 52,14 dan nilai rata-rata post-test adalah 64,71. Terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata post-test siswa kelas eksperimen yang diberi perlakuan dengan menggunakan jurnal dialog lebih besar daripada hasil post-test kelas kontrol yang diberi perlakuan tanpa menggunakan jurnal dialog. Hasil uji hipotesis statistik menemukan bahwa nilai Asymp. Sig kelas eksperimen meningkat dengan p 2-tailed dari p satu sisi sebesar 0,019 dan p dua sisi sebesar 0,037, kurang dari ambang batas 5% (0,05) yang menolak hipotesis nol (H0). Oleh karena itu H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini membuktikan bahwa jurnal dialog meningkatkan kemampuan menulis deskriptif siswa.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4882
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Bahasa Inggris [91]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV