PENGARUH PENGGUNAAN APLIKASI QUIZIZZ TERHADAP MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MA MA’ARIF NU 1 SAMARINDA
Abstract
Nurhikmah, 2024. “Pengaruh Penggunaan Aplikasi Quizizz Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Ma’Arif NU 1 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Darwis, M.S.I selaku dosen pembimbing I dan Bapak Dr. Badrut Tamam, M.Pd.I selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam yang terlalu monoton, yakni hanya bertumpu pada pembelajaran konvensional sehingga membuat para peserta didik menjadi bosan dan penggunaan media yang inovatif merupakan suatu solusi pada perkembangan zaman agar peserta didik memiliki motivasi belajar pada pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Aplikasi Quizizz ini dapat menjadi solusi untuk memotivasi dan mengatasi rasa bosan dalam mempelajari Sejarah Kebudayaan Islam bagi sebagian peserta didik di MA Ma’Arif NU 1 Samarinda. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan aplikasi Quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang berlokasi di MA Ma’Arif NU 1 Samarinda dengan populasi seluruh peserta didik MA Ma’Arif NU 1 Samarinda. Adapun sampel dalam penelitian ini yaitu kelas XI MIPA 1 dan XI MIPA 2 yang berjumlah 43 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan kuesioner, tes, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis yang digunakan adalah uji normalitas dan uji linearitas sebagai uji prasyarat, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis, uji korelasi, uji koefisien determinasi, dan uji T.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan hasil uji hipotesis dengan metode uji T parsial sebesar t_tabel 3,708 dan nilai signifikansi 0,001 dan besar kontribusi aplikasi Quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam sebesar 0,251 atau 25,1%, dan 74,9% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Berdasarkan data yang telah dilakukan dengan menggunakan teknik analisis data untuk mengetahui hasil data tersebut maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi Quizizz terhadap motivasi belajar peserta didik berpengaruh pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MA Ma’Arif NU 1 Samarinda.