PENGARUH KEGIATAN KEAGAMAAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER PESERTA DIDIK DI MTs DARUL MUTA’ALLIMIN SAMARINDA
Abstract
Muhammad Ansyar, 2024. “Pengaruh Kegiatan Keagamaan Terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik di MTs Darul Muta’allimin Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Di bawah bimbingan Bapak Muhammad Iwan Abdi, M.Si. (Dosen Pembimbing I) dan Ibu Rabiatul Adawiyah, M.Pd. (Dosen Pembimbing II).
Pendidikan karakter tidak hanya tentang mata pelajaran yang ada di sekolah, tetapi merupakan penanaman nilai karakter kepada seluruh peserta didik di sekolah. Melalui pembiasaan atau kegiatan keagamaan sebagai wadah untuk membentuk karakter peserta didik, hal ini senada dengan apa yang dilakukan MTs Darul Muta’allimin Samarinda pada umumnya bahwa kegiatan keagamaan penting untuk dilaksanakan di sekolah, yang mana kegiatan keagamaan berupa literasi Juz ‘Amma, sholat zuhur dan duha berjamaah, habsyi, dan pengkajian agama Islam (majelis dan maulid) yang pada umumnya telah diterapkan oleh pihak sekolah. Dari kegiatan keagamaan tersebut merupakan cara pihak sekolah dan guru untuk menanamkan nilai-nilai kebaikan pada peserta didiknya untuk membentuk karakter lebih baik. Maka dari itu, penelitian bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kegiatan keagamaan terhadap pembentukan karakter peserta didik di MTs Darul Muta’allimin Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik MTs Darul Muta’allimin Samarinda yang berjumlah 121 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik random sampling yang dipilih secara acak tanpa memperhatikan strata yang ada dalam populasi itu. Teknik pengumpulan data berupa observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik uji keabsahan data prasyarat terdiri atas uji normalitas, uji linearitas, uji korelasi product moment, uji regresi linier sederhana (hipotesis), dan uji koefisien determinan.
Berdasarkan hasil uji analisis data statistik mengkaji dua variabel yang sudah peneliti lakukan menggunakan SPSS versi 27, maka mendapatkan hasil bahwa terdapat pengaruh positif antara variabel kegiatan keagamaan dengan pembentukan karakter peserta didik sebesar 0,833 dan bila dilihat dari tabel interpretasi nilai r berada di antara 0,80–1,00 (sangat kuat). Sedangkan koefisien determinan sebesar 0,694 atau 69,4% dan sisanya 31,6% ditentukan oleh variabel lain yang tidak diteliti berupa faktor eksternal yang memengaruhi seperti lingkungan keluarga, media sosial dan pergaulan, rumah, teman, dan lainnya. Pembuktian hipotesis dengan menguji signifikansinya menggunakan rumus uji t dengan hasil 11,468 > 1,671, H₀ ditolak dan Hₐ diterima, berarti terdapat pengaruh signifikan antara kegiatan keagamaan dengan pembentukan karakter peserta didik di MTs Darul Muta’allimin Samarinda.