IMPLEMENTASI APLIKASI QUIZIZZ SEBAGAI MEDIA ASESMEN FORMATIF PADA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MAN 2 SAMARINDA
Abstract
Sayid Sultan Nazwan Gymnastiar. F, 2024. “Implementasi Aplikasi Quizizz sebagai Media Asesmen Formatif pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Di bawah bimbingan Yunita Noor Azizah, M.Pd.I selaku dosen pembimbing satu dan Dr. Siti Maulidah, S.Pd.I, M.Pd selaku dosen pembimbing dua.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berkembang pesatnya teknologi di bidang informasi dan komunikasi khususnya pada proses pembelajaran. Hal ini dihubungkan dengan pendidikan yang menjadi kebutuhan primer masyarakat harus membuat perubahan pada segi pembelajaran untuk menjadi lebih efektif dan efisien dengan mengikuti perkembangan zaman. Pendidikan yang efektif dan efisien akan mampu menciptakan perubahan dan memberikan dampak yang besar pada pembelajaran. Salah satu pemanfaatan teknologi informasi yang digunakan guru salah satunya adalah mengimplementasikan aplikasi Quizizz pada mata pelajaran Aqidah Akhlak. Penelitian ini bertujuan untuk: Pertama, mengetahui perencanaan implementasi aplikasi Quizizz pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Samarinda. Kedua, mengetahui pelaksanaan implementasi aplikasi Quizizz pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Samarinda. Ketiga, mengetahui evaluasi implementasi aplikasi Quizizz pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Samarinda.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan ini melibatkan penggunaan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Informan dalam penelitian ini ialah waka kurikulum, guru mata pelajaran Aqidah Akhlak, dan siswa/siswi kelas XI MAN 2 Samarinda. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memenuhi aspek-aspek dalam mengimplementasikan Quizizz pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MAN 2 Samarinda yang meliputi: Pertama, guru melakukan perencanaan dengan menentukan tujuan penilaian, identifikasi kompetensi, menyusun kisi-kisi soal, mengembangkan draf instrumen, dan membuat soal-soal Quizizz. Kedua, guru melakukan pelaksanaan dengan menyebarkan link, melakukan pengawasan, dan memberikan instruksi pengerjaan selama 10 menit di akhir pembelajaran. Ketiga, guru melakukan evaluasi berupa kegiatan diskusi dan pembahasan soal-soal Quizizz dan mengaitkan dengan materi yang telah dipelajari yang dilakukan setelah pengerjaan Quizizz.