Show simple item record

dc.contributor.authorABBAS, MUHAMMAD YUSUF
dc.date.accessioned2025-06-30T01:31:23Z
dc.date.available2025-06-30T01:31:23Z
dc.date.issued2024-10
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4894
dc.description.abstractMuhammad Yusuf Abbas, 2024. “Implementasi Media Pembelajaran Berbasis PowerPoint dalam Memotivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darul Muta’allimin Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Husni Idris, M.Pd selaku dosen pembimbing satu dan Bapak Firnanda Pradana Putra, M.Pd selaku dosen pembimbing dua. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam mengimplementasikan media pembelajaran berbasis PowerPoint guna meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darul Muta’allimin Samarinda, untuk mengetahui pelaksanaan guru mata pelajaran Aqidah Akhlak dalam mengimplementasikan media pembelajaran berbasis PowerPoint dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darul Muta’allimin Samarinda, untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran Aqidah Akhlak dengan menggunakan media berbasis PowerPoint yang dikembangkan di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul Muta’allimin Samarinda, dan untuk mengetahui faktor penghambat media pembelajaran berbasis PowerPoint terhadap motivasi belajar siswa mata pelajaran Aqidah Akhlak di kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul Muta’allimin Samarinda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pendekatan ini melibatkan penggunaan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi sebagai metode pengumpulan data. Informan dalam penelitian ini ialah kepala madrasah, waka kurikulum, guru mata pelajaran Aqidah Akhlak, dan siswa/siswi kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Darul Muta’allimin Samarinda. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memenuhi aspek-aspek dalam mengimplementasikan media pembelajaran berbasis PowerPoint dalam mata pelajaran Aqidah Akhlak di Madrasah Tsanawiyah Darul Muta’allimin Samarinda yang meliputi: Pertama, perencanaan pembelajaran siswa, pengembangan materi, penyediaan fasilitas, dan persiapan teknis. Kedua, pelaksanaan pemanfaatan media pembelajaran PowerPoint, interaksi juga partisipasi siswa, penyampaian materi yang terstruktur, penggunaan teknik pembelajaran lainnya. Ketiga, evaluasi penilaian kepada siswa setelah penyampaian materi selesai. Melalui ketiga aspek tersebut, guru menggunakan media PowerPoint yang lebih interaktif dengan visual yang menarik perhatian siswa dan meningkatkan keterlibatan mereka dalam proses pembelajaran, juga memperkuat pendalaman terhadap materi mata pelajaran Aqidah Akhlak. Adapun faktor pendukung adalah fasilitas yang memadai, media PowerPoint yang mudah diakses dan visualisasi PowerPoint guru yang menarik. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu keterbatasan kemampuan guru, gangguan teknis, dan variasi gaya belajar siswa.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectPowerPoint, Media Pembelajaran, Motivasi Belajar, Aqidah Akhlak.en_US
dc.titleIMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS POWER POINT DALAM MEMOTIVASI BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN AQIDAH AKHLAK DI MADRASAH TSANAWIYAH DARUL MUTA’ALLIMIN SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record