View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Bahasa Inggris
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Bahasa Inggris
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

ANALYSING THE EFFECTS OF REFLECTIVE TEACHING PRACTICES ON ENGLISH TEACHER PROFESSIONAL DEVELOPMENT: AN INSIGHT FROM SMK TI LABBAIKA SAMARINDA IN THE ACADEMIC YEAR OF 2024/2025

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_MIFTAHUL JANNAH_FTIK.pdf (117.5Kb)
Date
2024-10
Author
JANNAH, MIFTAHUL
Metadata
Show full item record
Abstract
Miftahul Jannah, 2024. “Analisis Dampak Praktik Pengajaran Reflektif terhadap Pengembangan Profesi Guru Bahasa Inggris: Tinjauan dari SMK TI Labbaika Samarinda pada Tahun Ajaran 2024/2025”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Pembimbing oleh Ibu Dina Destari, S.S, M.Pd, dan Ibu Nadya Sya’ya, M.Pd., M.TESOL. Praktik pengajaran reflektif diakui secara luas dapat mendorong pengembangan guru dan meningkatkan kualitas pengajaran. Namun, di sekolah vokasi, di mana guru menghadapi beban kerja yang berat dan keterbatasan waktu, pemahaman mengenai sejauh mana dan seberapa efektif praktik reflektif masih belum dieksplorasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami sejauh mana penerapan praktik pengajaran reflektif dalam mendorong pengembangan profesionalisme guru Bahasa Inggris di SMK TI Labbaika. Penelitian kualitatif ini menggunakan metode analisis tematik, dengan fokus pada dua guru Bahasa Inggris di SMK TI Labbaika. Wawancara semi terstruktur digunakan untuk mengumpulkan data. Dengan menggunakan teknik coding yang ditetapkan oleh Strauss dan Corbin (1998)—terbuka, aksial, dan selektif—untuk menganalisis data teks, beberapa tema utama yang berkaitan dengan praktik reflektif dalam mendorong pengembangan profesional diidentifikasi. Temuan mengungkapkan bahwa para guru secara dominan terlibat dalam praktik reflektif yang bersifat informal dan real-time—dengan memodifikasi metode mereka selama pelajaran sebagai respons terhadap umpan balik siswa. Hambatan seperti keterbatasan waktu dan beban kerja yang berat membatasi penggunaan alat reflektif formal. Meskipun demikian, praktik reflektif ditemukan berkontribusi terhadap pengembangan profesional dengan membantu guru mengidentifikasi dan mengatasi kekurangan dalam pengajaran mereka. Studi ini menyoroti pentingnya refleksi informal di lingkungan sekolah vokasi untuk mendorong pengembangan profesional berkelanjutan.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4895
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Bahasa Inggris [92]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV