EFEKTIVITAS STRATEGI PEMBELAJARAN TEAM QUIZ TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN FIQH DI MADRASAH ALIYAH AL-MUJAHIDIN SAMARINDA
Abstract
Rahmat Rizky Nur Ramadhan, 2024. “Efektivitas Strategi Pembelajaran Team Quiz Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Al-Mujahidin Samarinda”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Dibimbing oleh Dr. Sri Susmiyati, M.Pd.I selaku dosen pembimbing I dan Saipul Hadi, M.Pd.I selaku dosen pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di mana kurangnya minat siswa dalam belajar, banyaknya siswa yang jenuh dalam pelajaran, kurang bersemangat, serta tidak termotivasi dalam belajar menjadi permasalahan yang harus dihadapi oleh guru dalam memilih strategi pembelajaran untuk menarik minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Penelitian ini bermaksud untuk menguji apakah strategi pembelajaran team quiz bisa menjadi alternatif yang dianggap efektif dalam peningkatan minat siswa dalam belajar di Madrasah Aliyah Al-Mujahidin Samarinda.
Jenis dari penelitian ini menggunakan kuasi-eksperimental desain The Non-Equivalent Group Design dengan menggunakan metodologi kuantitatif. Pengambilan sampelnya menggunakan teknik Non-Probability Sampling tipe Purposive Sampling sehingga 47 responden dari populasi terjangkau diambil sebagai sampel secara keseluruhan, yang terdiri atas 25 siswa dalam kelas eksperimen serta 22 siswa dalam kelas kontrol. Observasi, dokumentasi, dan angket digunakan untuk pengumpulan data dan dianalisis melalui uji non-parametrik Wilcoxon Signed-Rank, yang dapat diolah dengan program statistik IBM SPSS.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwasanya strategi pembelajaran team quiz efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran fiqh di Madrasah Aliyah Al-Mujahidin Samarinda. Interpretasi tersebut berdasarkan hasil dari uji hipotesis yakni uji Wilcoxon Signed-Rank diketahui nilai signifikansi untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol ialah 0,000 < 0,05 yang berarti hipotesis Ho ditolak sedangkan hipotesis Ha diterima. Diperkuat pula dari hasil analisis deskriptif yang menunjukkan bahwa skor post-test di kelas eksperimen sebesar 3,12 dan termasuk ke dalam kategori efektif, sementara di kelas kontrol hanya sebesar 2,71 dan termasuk ke dalam kategori cukup efektif. Selanjutnya berdasarkan output SPSS uji Wilcoxon Signed-Rank, di mana pada kelas eksperimen didapatkan keseluruhan siswa mengalami peningkatan yaitu 25 orang ke arah positif dengan peningkatan rata-rata sebesar 13 dan keseluruhan peningkatannya sebesar 325. Sementara itu pada kelas kontrol didapatkan bahwa keseluruhan siswa mengalami peningkatan yaitu 22 orang ke arah positif dengan peningkatan rata-rata sebesar 11,5 dan keseluruhan peningkatan sebesar 253. Dapat disimpulkan kelas eksperimen dengan strategi pembelajaran team quiz lebih efektif meningkatkan minat belajar siswa dibandingkan strategi pembelajaran konvensional.