View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

IMPLEMENTASI HAFALAN AL-QURAN MATA PELAJARAN AL-QURAN HADIS DI MADRASAH TSANAWIYAH AL-MUJAHIDIN 2 SAMARINDA

Thumbnail
View/Open
Skripsi_Maghfiratunnisa_FTIK.pdf (150.9Kb)
Date
2024-10
Author
MAGHFIRATUNNISA, MAGHFIRATUNNISA
Metadata
Show full item record
Abstract
Maghfiratunnisa, 2024. “Implementasi Hafalan Al-Quran Mata Pelajaran Al-Quran Hadis di Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin 2 Samarinda.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Khojir, M.Si dan Ibu Rega Armella, M.Pd. Latar belakang penelitian ini adalah mata pelajaran Al-Qur’an Hadis berkaitan dengan menghafal, membaca, dan memaknai isi dari Al-Qur’an dan Hadis. Sehingga ditemukannya siswa yang merasa sulit dan jenuh dengan materi Al-Qur’an Hadis. Hal ini disebabkan siswa tidak menyukai hafalan dan lebih menyukai teori, dan beberapa siswa memiliki perhatian khusus dalam membaca dan menghafal Al-Qur’an. Permasalahan yang akan dibahas ialah bagaimana implementasi hafalan Al-Qur’an dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadis dan apa saja faktor penghambat dan pendukung dalam implementasi hafalan Al-Qur’an mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin 2 Samarinda. Adapun tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui implementasi hafalan Al-Qur’an dan faktor penghambat dan pendukung implementasi hafalan Al-Qur’an mata pelajaran Al-Qur’an Hadis di Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin 2 Samarinda. Jenis penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah kepala madrasah, waka kurikulum, guru Al-Qur’an Hadis sekaligus guru pengampu setoran hafalan siswa, dan 5 siswi kelas VIII-B. Teknik pengumpulan data diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data melalui triangulasi sumber, triangulasi teknik, triangulasi waktu, dan melakukan member check. Hasil penelitian menunjukkan implementasi hafalan Al-Qur’an di Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin 2 Samarinda merupakan salah satu program unggulan yang dilaksanakan setiap satu minggu sekali pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Untuk sistem pelaksanaannya pada jam 07.30–08.30 dan 12.40–13.20. Kelas VII dilaksanakan pada hari Kamis, kelas VIII hari Selasa, dan kelas IX pada hari Rabu. Pengampu setoran hafalan Al-Qur’an diberikan kepada guru mata pelajaran Al-Qur’an Hadis. Seluruh siswa Madrasah Tsanawiyah Al-Mujahidin 2 Samarinda wajib untuk mengikuti program hafalan Al-Qur’an. Adapun metode yang digunakan siswa ialah metode wahdah, murajaah, dan metode talaqqi. Evaluasi dilakukan pada akhir semester pada saat pembagian rapor dengan kriteria kelulusan yang harus dimiliki siswa ialah kelancaran, kesesuaian bacaan dan ilmu tajwid, dan fasahah. Untuk siswa yang telah menyelesaikan target hafalan Al-Qur’annya akan diberikan sertifikat dari pihak madrasah. Faktor pendukung implementasi hafalan Al-Qur’an meliputi faktor motivasi, faktor kecerdasan, sedangkan faktor penghambatnya ialah faktor lingkungan, tidak sabar, dan tidak menguasai makharijul huruf.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4902
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [900]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV