dc.description.abstract | Nur Jannah, 2024. “Pengaruh Metode Role Playing terhadap Kepercayaan Diri Siswa di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda”. Skripsi, Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam, Jurusan Pemberdayaan Masyarakat, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Nur Kholik Afandi, S.Ag., M.Pd. dan Siti Qomariah, M.Kom.
Latar belakang penelitian ini adalah permasalahan yang terjadi pada kelas VIII A MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda yang banyak merasa kurang percaya diri, dikarenakan oleh beberapa faktor yakni siswa ragu-ragu dalam mengambil tindakan, tidak yakin dengan kemampuan dirinya, dan tidak percaya diri dengan fisiknya. Oleh karena itu, peneliti menawarkan metode role playing pada kelas VIII A di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh penerapan metode role playing terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif, populasi dalam penelitian ini 51 siswa. Desain penelitian ini adalah pre-eksperimen one group pre-test and post-test, yakni untuk mengetahui adanya perbedaan antara sebelum dilakukannya metode role playing dan sesudah dilakukannya metode role playing. Teknik pengumpulan data menggunakan skala kepercayaan diri dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis paired sample t-test dengan bantuan program komputer IBM SPSS Version 21.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai pre-test atau nilai sebelum dilakukannya metode role playing dan nilai post-test atau nilai sesudah dilakukannya metode role playing memiliki perbedaan, yakni nilai rata-rata pre-test 75,96 dan nilai post-test 98,58, standar deviasi pre-test 9,340 dan post-test 8,954, yang artinya tidak memiliki perbedaan terlalu jauh. Hasil uji normalitas Shapiro-Wilk, nilai pre-test memiliki taraf signifikan sebesar 0,109 dan nilai post-test 0,554. Hasil uji homogenitas memiliki taraf signifikan 0,747. Dan hasil uji paired sample t-test memiliki nilai signifikan 0,000 < 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa metode role playing berpengaruh secara signifikan terhadap kepercayaan diri siswa di MTs Al-Mujahidin 2 Samarinda. | en_US |