Efektivitas Metode Kisah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMK Farmasi Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Susinta Nim 12.1101.0099. judul Skripsi: “Efektivitas Metode Kisah Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Di SMK Farmasi Samarinda”. Skripsi ini di bawah bimbingan Dr. Hj. Rabingatin, M, Ag. selaku pembimbing I dan Muhammad Iwan Abdi, M. SI. Selaku pembimbing II.
Pelaksanaan pembelajaran khususya pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMK Farmasi Samarinda, masih di jumpai pendidik yang menggunakan salah satu metode yang sudah jarang di gunakan oleh pendidik lainnya, yaitu metode kisah. Pendidik yang lain biasanya akan menggunakan metode-metode yang lebih bervariasi dan terkesan lebih moderen. Akan tettapi pendidik yang satu ini justru masih bertahan menggunakan metode kisah dalam menyampaikan materi pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif metode kisah dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Farmasi Samarinda.
Populasi dari penelitian ini ialah seluruh peserta didik kelas XI yang berjumlah 214 orang, dengan alasan bahwa kelas tersebut telah mendapatkan pengajaran dari beberapa guru mata pelajaran PAI. Sedangkan untuk sampel yang digunakan dalam penelitian ini peneliti menggunakan rumus perhitungan taro yamane dengan presisi ditetapkan 15%. Sehingga di peroleh 37 orang sebagai sampel penelitian. Penelitian ini menggunakan metode angket, observasi, wawancara dan dokumentasi. Dengan tehnik analisis data menggunakan rumus mean yaitu :
M = ∑X
N
Setelah dilakukan perhitungan data angket, maka di peroleh hasil 0, 84 yang apabila di presentasikan menjadi 84 % dimana nilai tersebut terdapat pada rentang 0,67-1,00 dan masuk dalam kategori efektif. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi, diketahui bahwa pendidik menggunakan metode kisah tersebut sesuai dengan langkah-langkah penggunaannya.
Jadi dapat disimpulkan bahwa metode kisah ini efektif dalam Pembelajaran Agama Islam (PAI) di SMK Farmasi Samarinda.