dc.description.abstract | Dea Oktafiana, 2024. “Pelaksanaan Penilaian Hasil Belajar Al-Qur’an Hadis Siswa di MTs At-Taqwa Samarinda.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Prof. Dr. Zurqoni, M.Ag dan Bapak Fathur Rahman, S.Si, M.Si.
Latar belakang penelitian ini adalah MTs At-Taqwa Samarinda merupakan sekolah swasta yang mana di dalam sekolah tersebut sarana dan prasarana yang kurang mendukung dan juga ada guru yang kurang mahir dalam menggunakan teknologi, terutama guru Al-Qur‘an Hadis. Kemudian dalam pelaksanaan penilaian belajar di dalam kelas tidak menggunakan metode yang bervariasi. Maka dari itu, ini menjadi sebuah landasan dari adanya pembahasan ini terkait pelaksanaan penilaian hasil belajar dan juga penggunaan e-learning pada pelaksanaan penilaian. Mengingat di MTs At-Taqwa sudah menerapkan e-learning sejak lama, sehingga dalam pelaksanaan penilaian menjadikan e-learning sebagai alat ukur untuk mengetahui hasil belajar siswa. Yang mana di dalam era saat ini penggunaan e-learning di dalam pendidikan merupakan hal yang dapat memudahkan dari segi pelaksanaan penilaian ataupun dalam proses pembelajaran di dalam kelas.
Melihat pentingnya penilaian untuk mengukur kemampuan siswa, maka peneliti melihat bagaimana pelaksanaannya, pelatihan kepada guru, ruang lingkup penilaian, teknik penilaian yang digunakan, prinsip-prinsip penilaian, serta kelemahan dan kelebihannya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan penilaian hasil belajar dan apa saja faktor-faktornya.
Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang didapat kemudian diperiksa keabsahannya menggunakan uji kredibilitas, dependability, dan confirmability. Teknik analisis data yang dipakai yakni editing, kategorisasi/coding, dan meaning.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa di dalam pelaksanaan penilaian hasil belajar di MTs At-Taqwa Samarinda sudah sesuai dengan prosedur seperti melakukan perencanaan, menggunakan teknik penilaian yang bervariasi, menjalankan prinsip penilaian yang ada. Kemudian dalam pelaksanaan penilaian menggunakan digital dan konvensional sudah berjalan dengan baik, walaupun ada kendala guru dalam pelaksanaan dan juga pelaksanaan penilaiannya seperti e-learning mengalami kesalahan dalam penjumlahan nilai dan juga jaringan yang tidak stabil, dan ketepatan guru dalam menginput dan membuat soal, akan tetapi hal tersebut bisa diatasi. | en_US |