Show simple item record

dc.contributor.authorMAULANA, MUHAMMAD SHALEH
dc.date.accessioned2025-07-03T00:26:48Z
dc.date.available2025-07-03T00:26:48Z
dc.date.issued2024-10
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4924
dc.description.abstractMuhammad Shaleh Maulana, 2024. “Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Al-Qur’an Hadits Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ad-Daud Bukuan.” Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Dibawah bimbingan Bapak Drs. Darwis, M.Si selaku dosen pembimbing I dan Ibu Aam Amaliatus Sholihah, M.Pd pembimbing II. Pembelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Ad-Daud Bukuan memiliki peran penting dalam membentuk karakter siswa. Sebagaimana yang ditekankan Mulyana bahwa kinerja guru berhasil jika mampu mengarahkan siswa untuk menguasai kompetensi dasar dengan baik, yang terlihat dari perubahan positif dalam perilaku dan kemampuan siswa. Namun, terdapat beberapa masalah, seperti siswa yang belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM), keterlambatan, dan ketidakhadiran dalam kegiatan belajar mengajar. Oleh sebab itu guru memiliki peran penting dalam memperbaiki hasil belajar siswa, terutama dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang fungsinya mendidik siswa tentang nilai-nilai agama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kinerja guru terhadap peningkatan hasil belajar Al-Qur’an Hadits siswa di Madrasah Ibtidaiyah Ad-Daud Bukuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi di Madrasah Ibtidaiyah Ad-Daud Bukuan berjumlah 182 orang dengan sampel 46 siswa. Pemilihan sampel dilakukan karena karakteristik latar belakang masalah ini menunjukkan bahwa peningkatan kinerja guru Al-Qur'an Hadits di MI membutuhkan perhatian pada berbagai aspek, termasuk peningkatan kualifikasi guru, penyediaan fasilitas yang memadai, pelatihan yang terstruktur, serta sistem evaluasi yang mendukung perbaikan berkelanjutan. Analisis data mencakup uji validitas, reliabilitas, normalitas, linearitas, statistik deskriptif, regresi sederhana, dan koefisien determinan untuk mengukur pengaruh kinerja guru terhadap hasil belajar Al-Qur'an Hadits. Nilai sig dalam hasil penelitian dengan uji linearitas menunjukkan hasil 0,928 lebih dari 0,05 dari skala 0,80–1,00 diartikan Signifikan Kuat dengan interpretasi terdapat hubungan linear yang signifikan antara kinerja guru dan hasil belajar siswa. Hubungan ini tidak terjadi secara kebetulan, dan hasil analisis regresi sederhana yang menunjukkan nilai <0,001 kurang dari 0,05 menunjukkan adanya hubungan linear yang signifikan antara kinerja guru dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Al-Qur'an Hadits. Hal ini didukung juga dengan pengujian nilai koefisien determinan yang menunjukkan hasil 86,1% bahwa kinerja guru memiliki pengaruh yang sangat signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada pelajaran Al-Qur'an Hadits di Madrasah Ibtidaiyah Ad-Daud Bukuan, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectKinerja Guru, Hasil Belajar, Al-Qur’an Hadits, Madrasah Ibtidaiyahen_US
dc.titlePENGARUH KINERJA GURU TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADITS SISWA DI MADRASAH IBTIDAIYAH AD-DAUD BUKUANen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record