dc.description.abstract | Rahmatul Mahmudah, 2024. “Hubungan Penerapan Ice Breaking dengan Minat Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN 004 Samarinda Ulu.” Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Dr. Husni Idris, M.Pd selaku pembimbing I dan Ibu Rega Armela, M.Pd selaku pembimbing II.
Penelitian ini memiliki latar belakang bahwa guru pada mata pelajaran PAI di SDN 004 Samarinda Ulu mengungkapkan bahwa penerapan metode belajar dengan ice breaking di SDN 004 Samarinda Ulu sebagai salah satu upaya untuk memecah ketegangan dan juga kejenuhan dalam pembelajaran PAI. Penerapan ice breaking telah dilaksanakan oleh rata-rata guru di SDN 004 Samarinda Ulu pada saat kurikulum merdeka. Namun, berdasarkan observasi awal di SDN 004 Samarinda Ulu, terdapat permasalahan rendahnya minat belajar yang dialami siswa di SDN 004 Samarinda Ulu ketika berlangsungnya pembelajaran, salah satunya pada mata pelajaran PAI dengan alasan metode pembelajaran yang monoton dan menegangkan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan ice breaking dengan minat belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SDN 004 Samarinda Ulu.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif, dengan populasi 487 siswa dan sampel sebanyak 80 siswa menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik uji coba instrumen peneliti menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji prasyarat yang terdiri dari uji normalitas, uji homogenitas, uji korelasi product moment, uji hipotesis (t), dan uji koefisien determinan.
Berdasarkan hasil uji analisis data yang sudah peneliti lakukan maka mendapatkan hasil bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara ice breaking dengan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 004 Samarinda Ulu dengan hubungan koefisien korelasi (r) sebesar 0,403 dengan kategori cukup berhubungan, dan kontribusi hubungan ice breaking dengan minat belajar sebesar 31%, sedangkan sebesar 69% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini, sehingga dapat diketahui bahwa Ha dalam penelitian ini diterima dan H0 ditolak. | en_US |