IMPLEMENTASI MANAJEMEN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN BERBASIS ISLAMIC MODEL CLASS DI KOTA BONTANG (STUDI KASUS SD DAN SMP YPK BONTANG)
Abstract
Muhammad Rohim, 2024. “Implementasi Manajemen Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Berbasis Islamic Model Class di Kota Bontang (Studi Kasus SD dan SMP YPK Bontang)”. Tesis. Program Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Bahrani, M.Pd. sebagai pembimbing I dan Dr. Agus Setiawan, M.Pd. sebagai pembimbing II.
Manajemen mutu yang dilakukan oleh kepala sekolah memainkan peran penting dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekolah. Kepala sekolah bertanggung jawab untuk merencanakan dan mengawasi berbagai program pendidikan yang bertujuan untuk mencapai standar mutu yang tinggi. Oleh sebab itu, penting dilakukan penelitian terkait peran yang dilakukan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Sebagaimana dalam penelitian ini yang berfokus mengkaji implementasi manajemen yang dilakukan oleh kepala sekolah di SD dan SMP YPK Kota Bontang dalam meningkatkan mutu berbasis Islamic Model Class, dan mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat implementasinya.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif untuk mengetahui manajemen kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan berbasis Islamic Model Class di SD dan SMP YPK Kota Bontang. Sumber data utama diperoleh melalui wawancara dengan berbagai pihak yang terlibat, termasuk kepala sekolah, ketua harian Yayasan Pupuk Kaltim, guru, dan stakeholder. Sumber data lainnya juga melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik interaktif, yang meliputi proses pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan yang bertujuan untuk memastikan hasil yang komprehensif dan akurat.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kepala sekolah di SD dan SMP YPK Bontang bertujuan memperkuat pendidikan Islami melalui Islamic Model Class. Manajemen yang dilakukan oleh kepala sekolah yaitu berupa perencanaan pendidikan dengan mengintegrasikan kurikulum, seperti memasukkan mata pelajaran baca kitab dalam mulok. Pengorganisasian staf serta guru berdasarkan prinsip Islam. Program sekolah dilaksanakan dengan mengintegrasikan prinsip Islam ke dalam kegiatan akademik dan non-akademik, serta menjalin kerja sama dengan komunitas lokal. Pengawasan dilakukan melalui evaluasi dan menerima umpan balik dari stakeholder. Dukungan dari guru, partisipasi orang tua, dan kemitraan dengan komunitas lokal mendukung keberhasilan program ini. Namun, tantangan seperti keterbatasan sumber daya, penyesuaian kurikulum, resistensi terhadap pendidikan Islami, dan perubahan kebijakan nasional membutuhkan kolaborasi erat semua pihak untuk memastikan keberlanjutan dan peningkatan kualitas pendidikan berbasis Islamic Model Class di Bontang