View Item 
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN KINERJA GURU TERHADAP CAPAIAN PEMBELAJARAN PADA TAMAN KANAK-KANAK ISLAM KOTA BONTANG

Thumbnail
View/Open
TESIS_SUMARMI_PASCASARJANA MPI.pdf (469.2Kb)
Date
2024-05
Author
SUMARMI, SUMARMI
Metadata
Show full item record
Abstract
Sumarmi, 2024. “Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Kinerja Guru Terhadap Capaian Pembelajaran Pada Taman Kanak-Kanak Islam Kota Bontang”. Tesis. Program Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Bahrani, M.Pd. sebagai pembimbing I dan Dr. H. Sudadi, M.Pd. sebagai pembimbing II. Kepemimpinan yang efektif dan kinerja guru yang berkualitas menjadi salah satu faktor kunci dalam meningkatkan capaian pembelajaran. Capaian pembelajaran merupakan salah satu tolak ukur kurikulum Taman Kanak-Kanak. Taman Kanak-Kanak Islam dipilih sebagai lingkungan studi karena peran pentingnya dalam membentuk dasar pendidikan anak-anak sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap capaian pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Islam Kota Bontang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 206 responden yang berasal dari 28 Taman Kanak-Kanak Islam di Kota Bontang. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportionate Stratified Random Sampling dengan rumus Slovin didapatkan sampel sebanyak 136 responden. Uji prasyarat analisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas. Kemudian uji hipotesis penelitian ini menggunakan uji regresi linier berganda melalui aplikasi SPSS 24.0 untuk memastikan analisa hubungan antar variabel-variabel yang diteliti secara statistik. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang kuat sebesar 55% pada kepemimpinan kepala sekolah terhadap capaian pembelajaran. Untuk kinerja guru terhadap capaian pembelajaran berpengaruh sedang sebesar 43,4%. Kemudian kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru secara bersama-sama berpengaruh kuat sebesar 61,5% terhadap capaian pembelajaran dengan nilai F hitung 106.210 lebih besar dari F tabel 3.06 dan signifikansi 0.000. Dengan demikian dapat disimpulkan sangat diperlukan sinergi, dorongan, dan kekuatan antara kepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru terhadap capaian pembelajaran. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya pengembangan kepemimpinan kepala sekolah yang efektif dan kinerja guru yang berkualitas jika secara bersama-sama lebih tinggi pengaruhnya dalam meningkatkan capaian pembelajaran di Taman Kanak-Kanak Islam Kota Bontang.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4936
Collections
  • E-Thesis - Manajemen Pendidikan Islam [84]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV