View Item 
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Thesis
  • Program Pascasarjana
  • E-Thesis - Manajemen Pendidikan Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH ALAM YAYASAN BAITURRAHMAN KOTA BONTANG

MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH ALAM YAYASAN BAITURRAHMAN KOTA BONTANG

Thumbnail
View/Open
TESIS_DWI UTARI_PASCASARJANA MPI.pdf (107.9Kb)
Date
2024-06
2024-06
Author
UTARI, DWI
UTARI, DWI
Metadata
Show full item record
Abstract
Dwi Utari, 2024. “Manajemen Kurikulum Merdeka di Sekolah Alam Yayasan Baiturrahman Kota Bontang”. Tesis. Program Manajemen Pendidikan Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Prof. Dr. Muhammad Nasir, M.Ag. sebagai pembimbing I dan Dr. H. Muhammad Kusasi, M.Pd. sebagai pembimbing II. Penerapan kurikulum Merdeka di lembaga pendidikan baik pada jenjang usia dini hingga menengah, tidak lepas dari manajemen sekolah yang terarah dan matang. Sebagaimana penelitian ini yang mengkaji terkait manajemen sekolah dalam penerapan kurikulum Merdeka pada Sekolah Alam Yayasan Baiturrahman Kota Bontang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kurikulum Merdeka yang dilakukan oleh Sekolah Alam Yayasan Baiturrahman Kota Bontang. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh dari wawancara mendalam dengan kepala sekolah dan guru, observasi di lapangan, serta dokumentasi terkait manajemen kurikulum. Teknik analisis data yang diterapkan adalah analisis interaktif yang meliputi kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kurikulum Merdeka di Sekolah Alam Yayasan Baiturrahman Kota Bontang, yang dilakukan pada tiga sekolah (TK Alam Baiturrahman, SD Alam Baiturrahman, dan MTs Alam Al-Hafidz), memiliki perbedaan yang tidak signifikan. TK Alam Baiturrahman berhasil menerapkan manajemen kurikulum Merdeka dengan baik melalui perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengendalian yang terarah dan sistematis. Dengan melibatkan analisis kebutuhan, pengembangan panduan kurikulum, serta pelatihan guru secara berkala, sekolah ini memastikan integrasi yang baik dari pendekatan pembelajaran berbasis proyek dan kontekstual. SD Alam Baiturrahman juga berhasil mengelola kurikulum Merdeka dengan baik, dengan merencanakan secara komprehensif, mengorganisir cermat, melaksanakan terstruktur, dan mengendalikan dengan efisien. Melalui evaluasi menyeluruh terhadap kebutuhan siswa dan integrasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila, sekolah ini memastikan adaptasi yang baik terhadap konteks lokal dan kebutuhan siswa. Begitu pula dengan MTs Alam Al-Hafidz, yang telah menerapkan manajemen kurikulum Merdeka dengan efisien melalui perencanaan inklusif, pengorganisasian terkoordinasi, pelaksanaan terfokus pada prinsip-prinsip kurikulum Merdeka, dan pengendalian yang cermat. Dengan melibatkan semua pemangku kepentingan dalam perencanaan implementasi, sekolah ini memastikan konsistensi dengan visi, misi, dan tujuan pendidikan yang sesuai dengan prinsip-prinsip kurikulum Merdeka.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4937
Collections
  • E-Thesis - Manajemen Pendidikan Islam [84]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV