dc.description.abstract | Muhammad Azmi Adam, 2024. “Penggunaan Media AutoPlay Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Al-Istiqomah Loa Janan”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Peneliti ini dibimbing oleh Ibu Imroh Atul Musfiroh, M.Pd.I selaku pembimbing I dan Ibu Dr. Husnul Khotimah, M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian dilatarbelakangi dari banyaknya siswa yang kurang memperhatikan dalam pembelajaran dengan asumsi dasar metode pembelajaran yang digunakan kurang bervariasi. Oleh karena itu, berbagai macam metode dan media pembelajaran di dalam kelas sangat dibutuhkan oleh guru di dalam kelas. Media yang digunakan oleh guru yaitu audio visual berupa media AutoPlay dan media film. Media tersebut digunakan menyesuaikan dengan materi pembelajaran di dalam kelas dengan harapan dapat mengatasi permasalahan siswa yang kurang semangat dalam pembelajaran. Adapun tujuan penelitian ini digunakan untuk mengetahui penerapan pembelajaran audio visual pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Tsanawiyah Al-Istiqomah Loa Janan mengatasi para siswa yang kesulitan fokus dalam pembelajaran.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif pada penelitian lapangan. Metode ini melibatkan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data terkumpul, analisis dilakukan dengan merangkum, menyajikan, dan menarik kesimpulan dari data tersebut. Untuk memastikan keabsahan data, peneliti menggunakan uji kredibilitas melalui triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini berupaya menyajikan gambaran yang akurat dan mendalam tentang penggunaan media audio visual dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di MTs Al-Istiqomah Loa Janan.
Hasil penelitian ini menunjukkan guru melakukan persiapan berupa kegiatan di dalam kelas seperti guru mempersiapkan LCD, laptop, kemudian guru mengkondisikan kelas agar tetap kondusif selama proses pembelajaran. Tahapan pelaksanaan guru melakukan apersepsi, selanjutnya guru menjelaskan materi menggunakan media audio visual berupa AutoPlay dan media film yang disesuaikan dengan materi pembelajaran. Setelah itu guru melakukan diskusi sekaligus refleksi berupa tanya jawab. Adapun evaluasi yang dilakukan oleh guru yaitu berupa ulangan harian yang dilaksanakan pada saat akhir bab pelajaran di setiap 4x pertemuan pada setiap babnya. Adapun faktor penghambatnya dalam melakukan penerapan media audio visual ini yaitu kurangnya sarana dan prasarana dalam penerapan pembelajaran seperti LCD, sound system, laptop dan proyektor. Faktor pendukung yakni guru SKI memiliki kreativitas dalam menerapkan media dan metode pembelajaran di dalam kelas, sehingga dapat meningkatkan antusias siswa dalam mengikuti pembelajaran di dalam kelas. | en_US |