Show simple item record

dc.contributor.authorAKHYAR, MUSTHOFAINAL
dc.date.accessioned2025-07-07T01:40:59Z
dc.date.available2025-07-07T01:40:59Z
dc.date.issued2024-10
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4949
dc.description.abstractMusthofainal Akhyar. 2011101186. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Keterampilan Abad 21 Pada Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Samarinda”. Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, MA selaku pembimbing I dan Bapak Moh Nasrun, M.Pd.I selaku pembimbing II. Keterampilan abad 21 ini menjadi topik utama yang banyak dibicarakan, khususnya dalam lingkup pendidikan. Salah satu upaya dalam menyikapi tuntutan abad ke-21 ini, pemerintah melakukan evaluasi dan memberikan solusi dengan merancang standar proses pendidikan serta pengembangan kurikulum. Keterampilan ini bisa diperoleh melalui keinginan dan kemampuan siswa itu sendiri selama proses belajar. Maka dari itu, siswa membutuhkan suatu model pembelajaran agar keterampilan abad 21 dapat ditingkatkan. Model pembelajaran yang diperkirakan menjadi alternatif untuk meningkatkan keterampilan abad 21 yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Di dalam model pembelajaran tersebut menekankan pada kerjasama tim, kompetisi yang sehat, peran aktif siswa, serta pembelajaran yang menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan dalam memecahkan masalah dan meningkatkan kreativitas. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besar kecilnya pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap keterampilan abad 21 siswa di Madrasah Aliyah Negeri 2 Samarinda. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan Pre Eksperimental Desain dengan jenis One Group Pretest-Posttest. Tempat penelitian yaitu MAN 2 Samarinda. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Sampel yang diambil berjumlah 31 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan Paired Sample t-Test dan Koefisien Determinasi. Berdasarkan hasil observasi selama kegiatan pembelajaran berlangsung, peneliti menemukan bahwa siswa menjadi lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, kerjasama tim yang meningkat, serta mampu memecahkan masalah dan kreativitas yang meningkat. Hasil observasi tersebut didukung dengan hasil analisis data dari penelitian ini, yaitu hasil rata-rata persentase pretest dan posttest pada tiap variabel (keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan komunikasi, keterampilan kolaborasi) mengalami peningkatan setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament. Hasil uji Paired Sample t-Test mendapati nilai signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 untuk seluruh variabel, maka dapat disimpulkan terdapat perbedaan signifikansi antara pretest dan posttest serta hipotesis Ha seluruh variabel diterima sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament terhadap keterampilan abad 21 di MAN 2 Samarinda. Dan untuk besar pengaruhnya yaitu 32,3% untuk pengaruh TGT terhadap keterampilan berpikir kritis, 18,4% untuk pengaruh TGT terhadap keterampilan berpikir kreatif, 23,9% untuk pengaruh TGT terhadap keterampilan komunikasi, dan 14,9% untuk pengaruh TGT terhadap keterampilan kolaborasi.en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectModel Pembelajaran Kooperatif, Teams Games Tournament, Keterampilan Abad 21, Sejarah Kebudayaan Islam, MAN 2 Samarinda.en_US
dc.titlePENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) TERHADAP KETERAMPILAN ABAD 21 PADA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM DI MADRASAH ALIYAH NEGERI (MAN) 2 SAMARINDAen_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record