dc.description.abstract | Chairunnisa, 2024. “Nilai-Nilai Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam dalam Buku Pribadi Hebat Karya Buya Hamka”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. Khairul Saleh, M.Ag. sebagai pembimbing I dan Ibu Rega Armella, M.Pd. sebagai pembimbing II.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan melihat banyaknya isu kekerasan dan pelecehan seksual yang terjadi di dalam dunia pendidikan yang bahkan pelakunya merupakan oknum guru dari sekolah tersebut, oleh karena itu pentingnya seorang guru memiliki dan menerapkan kompetensi kepribadian sesuai dengan indikator yang sudah ada, terlebih kepada guru Pendidikan Agama Islam yang memiliki peranan penting dalam memberikan contoh perilaku yang baik, tidak hanya kepada peserta didik tetapi juga kepada lingkungan sekolahnya. Kompetensi kepribadian guru biasanya dikembangkan dengan mengikuti kegiatan PPG tetapi tidak hanya itu, bisa juga dengan membaca berbagai buku yang mengandung nilai-nilai kompetensi kepribadian guru. Seperti Buku Pribadi Hebat karya Buya Hamka. Buku ini berisi tentang segala hal yang dapat memunculkan karakter pribadi, menyeimbangkan kekuatan lahir dengan kekuatan batin, selain itu, dijelaskan pula kekuatan hubungan seseorang dengan Sang Pencipta dalam pembentukan pribadi diri, disamping menjelaskan hal-hal yang berhubungan dengan pribadi individu dengan pribadi bangsa.
Pengumpulan data pada penelitian ini, peneliti menggunakan teknik dokumentasi. Teknik ini merupakan salah satu cara yang dilakukan agar menemukan data yang terfokus pada penafsiran atau menganalisis secara mandiri dari data-data yang tertulis. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian pustaka (library research). Teknik analisis menggunakan teknik analisis isi (content analysis). Content analysis menganggap data sebagai ekspresi, teks, gambar, atau keterangan yang dibuat untuk dilihat, dibaca, diinterpretasikan, dan digunakan untuk memahami maknanya. Oleh karena itu, data harus dianalisis dengan mempertimbangkan manfaatnya. Dalam penelitian ini penulis menggunakan analisis data content analysis dengan menggunakan teori Klaus Krippendorff.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat indikator kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam yang ditemukan dalam buku Pribadi Hebat karya Buya Hamka secara tersurat antara lain sebagai berikut: (1) Konsistensi dalam bertindak sesuai dengan nilai-nilai norma, hukum, sosial, dan etika yang berlaku; (2) Kesadaran akan tanggung jawab dan kematangan dalam bertindak, disertai dengan kemandirian dan etos kerja yang tinggi; (3) Kesabaran dalam menghadapi variasi karakter peserta didik, ditambah dengan rendah hati dan ikhlas dalam menjalankannya; (4) Kemampuan untuk berkomunikasi dengan baik, memberikan nasihat yang memotivasi, serta mengamalkan ilmu yang diajarkan kepada peserta didik. | en_US |