dc.description.abstract | ABSTRAK
Anata’ Rifiyyah, 2017. Efektivitas Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Prestasi Belajar Qur’an Hadis Siswa Kelas X di MA Darul Ihsan Samarinda. Skripsi, Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dra. Etty Nurbayani, M.Pd sebagai pembimbing I dan Lina Revilla Malik, M.Si sebagai pembimbing II. Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana model Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap prestasi belajar siswa yang telah diterapkan oleh guru mata pelajaran Qur’an hadis di MA Darul Ihsan. Tujuan dari penelitian ini adalah pertama, untuk mengetahui tentang penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL). Kedua, untuk mengetahui prestasi belajar pembelajaran Qur’an hadis siswa kelas x. Ketiga, untuk mengetahui seberapa besar efektivitas pembelajaran CTL terhadap prestasi belajar siswa kelas x di MA Darul Ihsan Samarinda. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian ekspos fakto (penelitian terhadap peristiwa yang telah terjadi, yang biasa digunakan untuk mencari sebab kausalitas atau hubungan timbal balik). Dengan menggunakan populasi sampel, instrument pengumpulan data, teknik analisis dan teknik pengumpulan data. Hasil yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah bahwa Pertama, berdasarkan dari nilai angket diperoleh hasil yang menyatakan bahwa model CTL yang digunakan guru telah memenuhi ketujuh komponen (indikator) seperti Kontruktivisme, Questioning, Inquiry, Learning Community, Modelling, Reflection, Autentik Assesment. Kedua, berdasarkan dari nilai tes soal diperoleh hasil yang menyatakan bahwa siswa kelas x telah melampaui KKM 80 dengan perolehan rata-rata hasil tes 99 dan dapat dikatakan berprestasi. Ketiga, berdasarkan hasil perhitungan dan analisa data diketahui bahwa terdapat korelasi yang kuat atau tinggi pada “Efektivitas Penggunan Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Prestasi Belajar Quran Hadis (studi pada sub fungsi al-quran) Siswa Kelas X di MA Darul Ihsan Samarinda”. Dengan perolehan hasil nilai sebesar r = 0,85, dan memberikan kontribusi sebesar 85% terhadap prestasi belajar qur’an hadis. | en_US |