Pengaruh Pembelajaran akidah akhlak terhadap kedisiplinan siswa di MTs Nurul Islamiyah Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Saparuddin, 2017. Pengaruh Pembelajaran akidah akhlak terhadap kedisiplinan siswa di MTs Nurul Islamiyah Samarinda. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M.Si dan Marniati Kadir M.Pd.
Penelitian ini dilatarbelakangi satuan pendidikan, khususnya madrasah mempunyai peranan yang amat penting dalam pembinaan akhlak peserta didik atau siswa dalam melaksanakan tugas kependidikannya. Ia tidak hanya membina kecerdasan dan keterampilan, akan tetapi juga membina akhlak mereka, agar mereka tahu mana yang baik dan mana yang buruk. Jadi penulis ingin mengetahui apakah kedisiplinan siswa dipengaruhi oleh pembelajaran akidah akhlak. Maka dari itu penulis meneliti pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap kedisiplinan siswa di MTs nurul islamiyah samarinda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh pembelajaran akidah akhlak terhadap kedisiplinan siswa di MTs nurul islamiyah.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dalam penelitian ini populasinya adalah kelas VIII dan kelas IX yang berjumlah 36 orang. Karena populasinya kurang dari 100 siswa maka penulis menggulakan penelitian populasi. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan korelasi product moment.
Hasil dari analisis penulis memperoleh rxy 0.614 yang menunjukkan bahwa rhitung lebih besar dari rtabel dimana pada taraf signifikansi 1% maupun 5% dengan rumus dk=N-2 yaitu (36-2=34) dapat disimpulkan bahwa rxy memiliki pengaruh yang signifikan. Sedangkan dilihat dari besarnya pengaruh dibuktikan dengan hasil perhitungan menggunakan uji r2 atau Koefisien Determinasi sebesar 0.378. Yang berarti bahwa kedisiplinan siswa dipengaruhi oleh pembelajaran akidah akhlak sebesar 37.8% dan sisanya sebesar 62.2% dipengaruhi oleh faktor lainnya. Sedangkan untuk hipotesis di peroleh hasil 4.541 dan nilai sig. 0.000, pada taraf signifikansi 1% dan 5% dengan rumus dk = N-2 (36-2=34) menunjukkan bahwa thitung lebih besar dari ttabel, maka hipotesa penelitian di terima.