PENGUATAN KARAKTER BERBASIS BUDAYA MADRASAH DI MADRASAH TSANAWIYAH LABBAIKA SAMARINDA
Abstract
Zainudin, 2023. “Penguatan Karakter Berbasis Budaya Madrasah di MTs Labbaika Samarinda”. Tesis. Program Studi Manajemen Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Dr. Khojir, M.SI sebagai pembimbing I dan Prof. Dr. Zamroni, M.Pd sebagai pembimbing II.
Latar belakang penelitian ini adalah berdasarkan observasi awal yang dilakukan di MTs Labbaika Samarinda, mengenai tatanan kehidupan madrasah atau budaya madrasah yang memperkuat karakter peserta didiknya. Hal ini terlihat dari tradisi menyambut kedatangan siswa ke madrasah. Senyum, salam, sapa dalam kesopanan dan kesantunan dalam sambutan kepala madrasah dan para pendidik merupakan gambaran yang nyata antar warga madrasah, dan juga memberikan kesan awal yang baik bagi masyarakat di luar madrasah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis konsep nilai-nilai karakter yang dikembangkan di madrasah, penguatan karakter berbasis budaya madrasah, kendala dan solusi dalam penguatan karakter berbasis budaya madrasah di MTs Labbaika Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi metode dan sumber.
Hasil penelitian ini mendeskripsikan: (1) Konsep nilai-nilai karakter yang dikembangkan di MTs Labbaika Samarinda yaitu nilai karakter religius, kejujuran, toleransi, rasa ingin tahu, cinta tanah air, kepemimpinan, keadilan, baik, rendah hati, percaya diri. (2) Penguatan karakter berbasis budaya madrasah di MTs Labbaika Samarinda yaitu: 1) Melakukan pembiasaan nilai-nilai utama, 2) Memberikan keteladanan antar warga madrasah, 3) Melibatkan seluruh pemangku kepentingan, 4) Membangun dan mematuhi norma, peraturan, dan tradisi madrasah, 5) Mengembangkan penjenamaan madrasah, 6) Mengembangkan kegiatan literasi, 7) Mengembangkan minat, bakat, dan potensi melalui kegiatan ekstrakurikuler, 8) Melakukan pendampingan. (3) Kendala dan solusi penguatan karakter berbasis budaya madrasah di MTs Labbaika Samarinda yaitu a) Sisi keteladanan beberapa guru belum mencapai tingkat keseimbangan yang diharapkan. Solusinya dengan mengadakan evaluasi rutin terhadap kinerja pendidik. b) Penanganan masalah peserta didik yang terkadang masih disamaratakan oleh pendidik. Solusinya dengan evaluasi bersama wali kelas, guru bimbingan konseling dan pendidik lainnya. c) Kurangnya kerjasama dan kepedulian dari beberapa orang tua peserta didik. Solusinya wali kelas menjelaskan kepada orang tua/wali peserta didik. d) Perubahan tingkah laku dan karakter peserta didik yang belum istiqomah dalam berbuat kebaikan. Solusinya pihak madrasah memberikan perhatian dan pendekatan kepada peserta didik.