Perbandingan prestasi belajar Pesantren kampus mahasiswa IAIN Samarinda yang mengikuti boarding school dengan yang tidak mengikuti boarding school tahun akademik 2015/2016
Abstract
ABSTRAK
Dwi Putri Ani, “Perbandingan prestasi belajar Pesantren kampus mahasiswa IAIN Samarinda yang mengikuti boarding school dengan yang tidak mengikuti boarding school tahun akademik 2015/2016. Skripsi, Prodi Pendidikan Agama Islam Jurusan Pendidikan Islam Institut Agama Islam Negri (IAIN) Samarinda”. Penelitian dibimbing oleh Dr. Hj. Noorthaibah, M.Ag dan Drs. Khairul Saleh, M.Ag.
Latar belakang penelitian ini adalah lembaga pendidikan diharapkan dapat menciptakan generasi yang tidak hanya pandai dalam intelektual namun juga pandai dalam ilmu keagaaman salah satunya dengan memiliki prestasi yang memuaskan. Seperti upaya IAIN Samarinda dalam menerapakan Boarding School di Pesantren Kampus bagi mahasiswa baru selama satu tahun. Namun pada kenyataanya tidak semua mahasiswa mengikuti boarding school di IAIN Samarinda. Secara teori, mahasiswa yang mengikuti Boarding Scool akan mendapatkan prestasi lebih memuaskan dibandingkan mahasiswa yang tidak mengikuti Boarding School. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan prestasi belajar mahasiswa IAIN samarinda yang mengikuti boarding school dengan yang tidak mengikuti boarding school. Objek pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa IAIN samarinda tahun akademik 2015/2016.
Penelitian ini adalah penelitian komparatif yang menggunakan pendekatan deskriptip kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 698 mahasiswa dari 20 lokal. Kemudian untuk menetukan berapa jumlah sampel yang harus diambil penulis menggunakan taroyamane sehingga didapatkan sebanyak 88 mahasiswa, makadisimpulkan bahwa 44 mahasiswa yang mengikuti boarding school dan 44 lain adalah mahasiswa yang tidak mengikuti boarding school. Untuk mengambil sampel penulis menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, dokumentasi dan wawancara. Serta untuk teknik pengujian hipotesis menggunakan thitung.
Penelitian ini mendapatkan jika nilai to = 2,75 lebih besar dati ttabel baik pada taraf signifikan 5%= 1,987 dan pada taraf signifikan 1%= 2,370. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan prestasi belajar pesantren kampus mahasiswa yang mengikuti boarding school dan yang tidak mengikuti boarding school di IAIN Samarinda tahun akademik 2015/2016.