Show simple item record

dc.contributor.authorNendra, Herni
dc.date.accessioned2025-07-09T01:44:38Z
dc.date.available2025-07-09T01:44:38Z
dc.date.issued2024-09
dc.identifier.issnissn
dc.identifier.urihttp://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4982
dc.description.abstractHerni Nendra, 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Kreativitas Siswa SMA Negeri 1 Muara Jawa Pada Materi Adab Menggunakan Media Sosial”. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK), Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Ibu Indriana Rahmawati, S.Psi, M.Pd dan Ibu Rahmatillah, M.Pd. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh partisipasi siswa pada proses pembelajaran yang lebih aktif dalam berpikir dan bekerja sama dalam penyelesaian masalah. Namun realita di lapangan membuktikan bahwa hanya beberapa siswa yang aktif baik bertanya, menjawab, dan memberi tanggapan. Kreativitas merupakan keterampilan abad 21 yang sangat dibutuhkan. Guru perlu untuk membantu siswa meningkatkan daya kreativitas mereka melalui proses pembelajaran. Dengan ini perlu adanya penerapan suatu model pembelajaran yang menarik perhatian siswa dalam belajar. Salah satu model yang diterapkan adalah model project based learning. Melalui model pembelajaran project based learning siswa termotivasi, aktif dalam pembelajaran, dan meningkatkan kemampuan siswa untuk berpikir kreatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui besarnya pengaruh antara penerapan model project based learning terhadap kreativitas siswa kelas XI mata pelajaran pendidikan agama Islam pada materi adab menggunakan media sosial di SMA Negeri 1 Muara Jawa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dari penelitian ini berjumlah 256 siswa, sampel dari kelas XI F dan XI G berjumlah 52 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah teknik purposive sampling dengan pertimbangan khusus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, angket, dan dokumentasi. Instrumen angket harus diuji terlebih dahulu validitas, reliabilitas, normalitas, dan linearitas. Teknik analisis data menggunakan korelasi product moment, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil perhitungan korelasi product moment dalam penelitian ini diperoleh angka sebesar 0,365, angka tersebut berada pada interval antara 0,20-0,399 yaitu “rendah”. Sedangkan nilai koefisien determinasi hubungan variabel X terhadap variabel Y sebesar 13,3%, sedangkan sisanya 86,7% dipengaruhi oleh variabel lainnya. Selanjutnya dalam hasil analisis uji t diperoleh thitung sebesar 2,775 dan thitung akan dibandingkan dengan ttabel pada taraf 5% dan tingkat derajat kebebasan (df) = n-2, 52-2 = 50, didapatkan ttabel sebesar 1,675. Jika dibandingkan dari hasil tersebut maka thitung (2,775) > ttabel (1,675), artinya H₀ ditolak dan Hα diterima. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh antara variabel X (model project based learning) terhadap variabel Y (kreativitas siswa).en_US
dc.publisherUINSI Samarindaen_US
dc.subjectProject Based Learning, Kreativitas Siswa, Adab Media Sosial.en_US
dc.title“PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KREATIVITAS SISWA SMA NEGERI 1 MUARA JAWA PADA MATERI ADAB MENGGUNAKAN MEDIA SOSIAL”en_US


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record