PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL BERBASIS GAME EDUKASI TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SD NEGERI 010 LOA JANAN ILIR
Abstract
Rusmiyati, 2024. “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis Game Edukasi Terhadap Minat Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 010 Loa Janan Ilir”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, M.A selaku pembimbing I dan Ibu Rahmatillah, M.Pd selaku pembimbing II.
Latar belakang masalah ini adalah masih ada guru yang kurang menggunakan media yang menarik bagi peserta didik dalam pembelajaran. Guru dituntut untuk dapat lebih kreatif dan inovatif agar dapat menciptakan kegiatan pembelajaran yang menyenangkan bagi peserta didik. Kurangnya minat peserta didik dalam proses pembelajaran dikarenakan kurang bervariasinya guru dalam penggunaan media pembelajaran, penggunaan metode ceramah dan diberikan penugasan yang membuat peserta didik menjadi tidak tertarik dan bosan dalam pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh penggunaan media pembelajaran Wordwall berbasis game edukasi terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 010 Loa Janan Ilir.
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I sampai dengan kelas VI di SD Negeri 010 Loa Janan Ilir, teknik sampel yang digunakan cluster sampling dengan sampel peserta didik kelas V yang dibagi menjadi dua kelompok (kelas V A selaku kelas eksperimen dan V B selaku kelas kontrol). Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis uji independent sample t-test, uji analisis regresi linear sederhana dan uji koefisien determinasi yang diolah menggunakan SPSS.
Hasil penelitian pada uji independent sample t-test diperoleh nilai t 3.938 > 2.068 (thitung > ttabel). Dari hasil uji analisis regresi linear sederhana diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05 (nilai signifikansi < 0,05). Dari hasil uji koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 40,3%. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran Wordwall berpengaruh signifikan terhadap minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SD Negeri 010 Loa Janan Ilir.