EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR'AN MAHASANTRI MA'HAD AL-JAMI'AH UINSI SAMARINDA
Abstract
Mariyani, 2024. Efektivitas Penerapan Metode Tilawati Dalam Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Mahasantri Ma’had Al-Jami’ah UINSI Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Drs. Darwis, M.Si dan Aam Amaliatus Sholihah, M.Pd.
Al-Qur'an sebagai kitab suci umat Islam memiliki peran yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari umat Islam, maka belajar membaca Al-Qur'an sangat diperlukan dan dianjurkan bagi umat Islam. Namun, belajar (membaca) Al-Qur'an memiliki kaidah-kaidah tertentu agar ketika membacanya tidak salah secara harfiah dan makna yang berakibat dosa bagi pembacanya. Oleh karena itu, belajar membaca Al-Qur'an memerlukan ketepatan, kefasihan, kelancaran sesuai dengan kaidah-kaidah ilmu tajwid. Bahkan lebih jauh lagi, sampai pada sikap dan etika membacanya pun memiliki aturan tersendiri. Untuk memudahkan proses belajar mengajar membaca Al-Qur'an, diperlukan metode yang tepat. Salah satu metode dalam pembelajaran membaca Al-Qur'an adalah metode Tilawati. Metode Tilawati ini sangat cocok digunakan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran Al-Qur'an karena lebih praktis, efektif, dan mudah diterima. Dalam metode ini menekankan pada kemampuan peserta didik untuk dapat membaca Al-Qur'an secara tartil dan tidak memberatkan bagi penggunanya baik guru maupun peserta didik. Salah satu lembaga formal di Samarinda yang menggunakan metode Tilawati adalah Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Tidak jarang dijumpai banyak mahasiswa baru (maba) yang ketika dites kemampuan baca tulis Al-Qur'annya, hasilnya masih rendah maka bagi mahasiswa yang belum mampu membaca Al-Qur'an dengan baik dan benar akan dilakukan pembinaan dan pemantapan membaca Al-Qur'an melalui program Ma'had Al-Jami'ah UINSI Samarinda. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan metode Tilawati dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an mahasantri.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Adapun jenis penelitian eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Pre-Experimental (Pra-eksperimen). Desain penelitiannya yaitu One Group Pretest-Posttest. Jumlah populasi penelitian 1.380 mahasantri dengan penelitian ini melibatkan 94 sampel. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan rumus Slovin dengan margin error 10%. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji N-gain dengan menggunakan SPSS 29.
Adapun hasil dari penelitian ini adalah hipotesis diterima, artinya penggunaan metode Tilawati efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an karena terdapat perbedaan yang signifikan antara kemampuan membaca Al-Qur'an mahasantri Ma'had Al-Jami'ah UINSI sebelum dan sesudah mengikuti pembelajaran dengan metode Tilawati. Adapun besar perbedaannya yaitu sebesar 0,5623 yang berarti nilai tersebut dikategorikan “sedang” atau 56% dengan kategori cukup efektif.