Pengaruh Pengawasan CCTV Terhadap Kedisiplinan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda
Abstract
ABSTRAK
Miftahul Khair, “Pengaruh Pengawasan CCTV Terhadap Kedisiplinan Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh bapak Dr.Khojir, M.SI sebagai pembimbing I dan bapak Dr. Puriyadi, M.SI sebagai pembimbing II.
Latar belakang penilitan ini adalah peneliti berusaha melihat tentang pengaruh pengawasan CCTV terhadap kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda. Bahwa yang peneliti temukan adalah sikap kedisiplinan siswa di sekolah itu sangat baik. Tentu tidak semua siswa yang memiliki sikap disiplin yang baik beberapa siswa juga terkadang kedisiplinannya masih kurang. Kedisiplinan ini diketahui sebagai modal utama siswa dalam membangun akhlak dan perilaku siswa. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pengawasan CCTV terhadap kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Samarinda.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI yang berjumlah 112 siswa. Teknik sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah kelas VI (C) yang berjumlah 28 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah field work research (penelian lapangan) yaitu dengan menggunakan dokumentasi, angket dan wawancara. Data yang diperoleh, dianalisis dengan menggunakan rumus prosentase, range, dan product moment.
Berdasarkan analisis statistika diperoleh koefisien korelasi antara pengawasan CCTV dan kedisiplinan siswa rhitung 0,547, selanjutnya hasil tersebut dikonsultasikan dengan rtabel product moment dengan N=100 dan taraf signifikansi 1% yaitu 1 dan taraf signifikansi 5% yaitu 5 dan terbukti hasil rhitung lebih kecil daripada rtabel maka, dapat dikatakan bahwa ada korelasi positif yang signifikan antara pengawasan CCTV dengan kedisiplinan siswa. Kemudian di lakukan uji thitung yang dibandingkan dengan ttabel dengan tingkat kesalahan 5%, uji dua pihak dan dk = N-2 =98, maka diperoleh dalam ttabel senilai 5.102 dari hasil perhitungan thitung 5,581 dan ternyata lebih kecil (ttabel < thitung), sehingga Ha diterima dan hal ini berarti terdapat hubungan yang signifikan antara pengawasan CCTV dan kedisiplinan siswa. 5,581 dikonsultasikan dengan N=100 dan taraf signifikan 95,102 sehingga nilai thitung lebih besar dari ttabel adapun nilai sumbangan variabel pengawasan CCTV terhadap kedisiplinan siswa di Madrasah Ibtidaiyah negeri 2 Samarinda sebesar 29.92. Maka dalam hal ini hipotesis yang menetapkan terdapat adanya pengaruh antara pengawasan CCTV terhadap kedisiplinan siswa “diterima”