View Item 
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
  •   Repository Home
  • E-Skripsi
  • Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam
  • View Item
JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) TERHADAP KARAKTER GOTONG ROYONG PESERTA DIDIK DI SD NEGERI 010 LOA JANAN ILIR

Thumbnail
View/Open
SKRIPSI_RUSMAWATI_FTIK.pdf (285.9Kb)
Date
2024-09
Author
Rusmawati, Rusmawati
Metadata
Show full item record
Abstract
Rusmawati, 2024. “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Terhadap Karakter Gotong Royong Peserta Didik di SD Negeri 010 Loa Janan Ilir”. Skripsi, Jurusan Pendidikan Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris (UINSI) Samarinda. Penelitian ini dibimbing oleh Bapak Drs. H. M. Said Husin, MA selaku pembimbing I dan Ibu Rahmatillah, M.Pd selaku Pembimbing II. Latar belakang masalah ini berhubungan dengan semangat gotong royong antar peserta didik yang semakin menurun, salah satu penyebabnya karena perubahan sosial, yang mengakibatkan perubahan keadaan dimana peserta didik yang saling mementingkan ego sendiri, kurangnya peserta didik untuk ikut serta dalam kegiatan gotong royong, tidak terjalin kerja sama, kurangnya kepedulian, dan tidak terjalin hubungan yang baik serta kurangnya interaksi kepada orang lain. Untuk itu perlulah pembentukan karakter pada peserta didik terkhusus pada karakter gotong royong untuk membentuk peserta didik yang saling berkolaborasi, peduli dan berbagi. Adapun tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui seberapa signifikan pengaruh model pembelajaran berbasis projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) terhadap karakter gotong royong peserta didik di SD Negeri 010 Loa Janan Ilir. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas I dan IV SD Negeri 010 Loa Janan Ilir. Adapun teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini yaitu nonprobability sampling yakni purposive sampling, sampel dari penelitian ini yaitu peserta didik kelas IV pada fase B yang terdiri dari 50 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan yaitu observasi, wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data menggunakan uji independent sample t-test, uji koefisien determinasi, dan uji analisis regresi linear sederhana yang diuji menggunakan bantuan program SPSS. Hasil penelitian diperoleh nilai thitung sebesar 9.893 > ttabel yaitu 2,010, nilai signifikansi didapatkan 0,001 < 0,05, dari nilai R Square sebesar 67% yang memiliki hubungan yang kuat yang disesuaikan dengan interval nilai. Dari hasil analisis tersebut menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran berbasis projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) terhadap karakter gotong royong peserta didik di SD Negeri 010 Loa Janan Ilir, maka Ha diterima.
URI
http://repository.uinsi.ac.id/handle/123456789/4990
Collections
  • E-Skripsi - Pendidikan Agama Islam [935]

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV
 

 

Browse

All of DSpaceCollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

My Account

LoginRegister

DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
Contact Us | Send Feedback
Theme by 
Atmire NV